Wagub Jabar Uu Ruzhanul Rela Diendorse Gratis demi Gairahkan UMKM

Senin, 28 Februari 2022 - 14:09 WIB
loading...
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Rela Diendorse Gratis demi Gairahkan UMKM
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum bakal membantu UMKM yang masih sulit untuk melakukan digitalisasi dan memasarkan produk-produknya dengan endorse gratis. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Sejak masa pandemi COVID-19 di Indonesia terjadi pada tahun 2020, pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia mulai mengalami penurunan. Hal ini sesuai dengan data KADIN (Kamar Dagang dan Industri) bahwa sejak Juli 2020 hingga saat ini terdapat 30 juta UMKM yang bangkrut.

Selain itu juga bahkan hasil dari survei Bank Indonesia yang dilakukan pada Maret 2021 memperlihatkan bahwa terdapat 87,5 persen UMKM terdampak akibat adanya pandemi dan 93,3 persen pelaku usaha sektor tersebut merasakan penurunan omzet penjualan.

Baca juga: Heboh Toa Masjid dan Gonggongan Anjing, Wagub Jabar: Menag Jangan Bikin Gaduh

Untuk menangani hal tersebut, pemerintah Indonesia mulai mengajak para UMKM di seluruh Indonesia untuk melakukan digitalisasi sebagai bentuk mempertahankan eksistensi dari UMKM. Namun sayangnya terkadang masih sering mengalami kendala-kendala untuk mulai mendigitalisasi UMKM termasuk di Jawa Barat (Jabar).

Oleh karena itu, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum merasa perlu turun tangan membantu UMKM yang masih sulit untuk melakukan digitalisasi dan memasarkan produk-produknya.

Dimulai dari Uu yang sering membantu mempromosikan produk UMKM di Jawa Barat lewat akun Instagramnya setiap hari Selasa. Selanjutnya Uu membangun wadah untuk UMKM yang bernama UUdentity.

Wadah UUdentity berawal dari sebuah UMKM lokal Jawa Barat yang nyaris bangkrut hingga akhirnya diresmikan langsung oleh Uu pada Rabu (23/2/2022) lalu secara online melalui Instagram Live.

Sesuai dengan semangat mendukung UMKM di Jabar, kali ini UUdentity merilis beberapa artikel kaos yang dapat dibeli oleh seluruh masyarakat. Produk kaos ini dipilih menjadi produk pertama yang dibantu oleh UUdentity karena pada dasarnya Jawa Barat memang dikenal sebagai daerah yang kreatif juga inovatif di dunia fashion.

Baca juga: Mendagri dan Kepala LKPP Sepakat Minimal 40% Belanja Barang Jasa APBD dari UMKM

"UUdentity kan ada produk, yaitu kaus dengan berbagai macam kata yang unik. Sengaja kata-katanya unik, biar disukai dan tidak lupa. Nah kenapa? Karena setelah pandemi ini ekonomi Jawa Barat kan seperti kita rasakan, terutama UMKM. Maka saya mendorong UMKM untuk menggeliat kembali dengan berbagai macam produk," ujar Uu dikutip Minggu (28/2/2022).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1223 seconds (10.55#12.26)