Saat Pandemi Corona, Jeff Bezos dan Elon Musk Justru Tambah Kaya

Jum'at, 24 April 2020 - 08:39 WIB
loading...
Saat Pandemi Corona, Jeff Bezos dan Elon Musk Justru Tambah Kaya
(Dari kiri ke kanan) Elon Musk, Eric Yuan dan Jeff Bezos. Foto/REUTERS
A A A
NEW YORK - Kekayaan para miliarder Amerika Serikat (AS), pendiri Amazon.com Jeff Bezos dan pendiri Tesla Inc Elon Musk, meningkat hampir 10% selama pandemi virus corona.

Laporan terbaru itu dirilis oleh Institut untuk Studi Kebijakan (IPS). Peningkatan kekayaan orang-orang terkaya di AS itu terjadi selama masa saat sebanyak 22 juta warga AS menjadi pengangguran.

Meski ekonomi menghadapi resesi, sejumlah saham perusahaan teknologi dan terkait kebijakan tinggal di rumah seperti Zoom, justru menguat dalam beberapa pekan terakhir.

Hal itu terjadi karena peningkatan penggunaan konferensi video dan teknologi kerja jarak jauh. Itu artinya, kekayaan bersih para miliarder yang memiliki saham di perusahaan-perusahaan itu pun bertambah.

“Ini cerita dua pandemi, dengan pengorbanan sangat tidak seimbang,” ungkap Chuck Collins, salah satu penulis laporan terbaru IPS itu.

Menurut laporan itu, “Selama periode antara 1 Januari hingga 10 April tahun ini, 34 miliarder terkaya AS telah melihat kekayaan bersih mereka meningkat hingga puluhan juta dolar.”

“Delapan dari para miliarder itu, termasuk Bezos, Pendiri Zoom Video Communications Inc Eric Yuan dan Musk mengalami peningkatan USD1 miliar pada kekayaan bersih mereka,” ungkap laporan itu.

Musk memegang 18,5% saham di Tesla, yang menguat lebih dari 73% sejak awal tahun saat para trader melihat lebih jauh dari dampak jangka pendek pandemi virus corona.

Bezos memiliki sekitar 15,1% saham Amazon yang menguat sekitar 31% tahun ini saat pesanan online di platform itu meningkat akibat orang tetap tinggi di rumah.

“Pada dekade lalu, kekayaan para miliarder AS naik lebih dari 80,6% setelah disesuaikan dengan inflasi,” ungkap laporan itu.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2740 seconds (0.1#10.140)