Ledakan Pabrik Kimia Cilegon Diduga dari Pipa Reaktor Overhead

Rabu, 23 Februari 2022 - 16:55 WIB
loading...
Ledakan Pabrik Kimia Cilegon Diduga dari Pipa Reaktor Overhead
Ledakan pabrik kimia Cilegon diduga dari pipa reaktor overhead.Foto/ist
A A A
CILEGON - Ledakan di pabrik kimia, Cilegon, Banten, Rabu (23/2/2022) diduga daripipa reaktor tersebut mengalami overhead sehingga terjadi ledakan dan adanya api. Enam orang mengalami luka karena uang panas dari pipa yang meledak.

Para korban telah dievakuasi ke klinik milik Pertamina untuk mendapatkan perawatan. "Pihak MCCI bertanggung jawab jika ada warga yang mengeluhkan sakit akibat ledakan," ujar Humas PT MCCI Muhamad Reza, Rabu (23/2/2022). Debu yang beterbangan akibat ledakan tersebut diketahui mengandung asam tereftalat yang menjadi bahan baku serat baju.

Baca juga: Tabung Reaktor Pabrik Kimia di Cilegon Meledak, 6 Pekerja Terluka

Sejauh ini, belum ada laporan yang menyatakan ada gangguan atau gejala akibat meledaknya pabrik kimia tersebut.

Menurut Kasi Operasi Pemadam Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cilegon, Nanung Eko Siswanto, saat petugas datang ke lokasi api sudah mulai padam.

Petugas melakukan pemeriksaan penyebab terjadinya ledakan dan sumber api. Petugas pemadam kebakaran yang datang ke lokasi melakukan pengecekan adanya kerusakan pada pipa reaktor ke tabung kristalisasi pembuat bahan polyester.

Baca juga: Diduga Lecehkan KSAD Dudung, Aliansi Ormas Surabaya Laporkan 2 Akun Medsos ke Polda Jatim

Diduga api berasal dari pipa reaktor tersebut mengalami overhead sehingga terjadi ledakan dan adanya api. "Ada panas pipa yang menyambung ke tabung reaktor. Itu untuk pembuatan polyester," ucap Nanung Eko Siswanto.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)