Tabung Reaktor Pabrik Kimia di Cilegon Meledak, 6 Pekerja Terluka

Rabu, 23 Februari 2022 - 16:26 WIB
loading...
Tabung Reaktor Pabrik Kimia di Cilegon Meledak, 6 Pekerja Terluka
Tabung reaktor pabrik kimia di Cilegon, Banten meledak dan menyebabkan kebakaran. Ledakan yang menyulut kobaran api ini mengakibatkan enam pekerja terluka. Foto/iNews TV/Iskandar Nasution
A A A
CILEGON - Tabung reaktor pabrik kimia di Cilegon, Banten meledak dan menyebabkan kebakaran. Ledakan yang menyulut kobaran api ini mengakibatkan enam pekerja terluka.

Dalam video amatir warga, terlihat sebuah ledakan dan api yang berasal dari pabrik kimia PT Mitsubishi Chemical Indonesia (MCCI) di Jalan Raya Merak, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Cilegon, Banten.



Petugas pemadam kebakaran berupaya mengamankan api yang bersumber dari sebuah tabung reaktor. Petugas melakukan pengecekan adanya kerusakan pada pipa reaktor ke tabung kristalisasi pembuat bahan polyester.

Diduga dari pipa reaktor tersebut mengalami overhead sehingga terjadi ledakan dan adanya api.

Kasi Pemadam dan Kesiapsiagaan Dinas Pemadam Kebakaran Cilegon, Nanung Eko Siswanto menjelaskan, saat petugas datang ke lokasi api sudah mulai padam.

Petugas melakukan pemeriksaan penyebab terjadinya ledakan dan sumber api. "Dugaan sementara api bersumber dari pipa reaktor yang mengalami overhead dan meledak. Pipa tersebut terhubung ke tabung kristalisasi tabung reaktor untuk pembuatan bahan polyester," katanya.



Sementara itu, Humas PT MCCI Muhamad Reza menyatakan saat ini sudah ada enam korban yang merupakan karyawan dari Pertamina yang dekat dengan lokasi ledakan.

"Korban terkena uap panas dari pipa yg meledak. Keenam korban di rawat di klinik milik Pertamina," katanya. Pihak PT MCCI bertanggung jawab jika ada warga yang mengeluhkan sakit akibat ledakan.



Debu yang beterbangan di sekitar lokasi kebakaran tersebut mengandung asam tereftalat yang menjadi bahan baku serat baju.

Sejauh ini belum ada laporan yang menyatakan ada gangguan atau gejala dari meledaknya pabrik kimia tersebut.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0622 seconds (0.1#10.140)