DPP Pastikan Gelar Ulang Musdalub Partai Hanura Sulsel

Minggu, 20 Februari 2022 - 18:51 WIB
loading...
DPP Pastikan Gelar Ulang Musdalub Partai Hanura Sulsel
DPP Hanura berencana menggelar musyawarah daerah luar biasa (Musdalub) ulang Hanura Sulsel untuk penentuan ketua terpilih. Foto: Sindonews/dok
A A A
MAKASSAR - DPP Hanura nampaknya sudah bersikap atas polemik yang terjadi di DPD Sulsel. Mereka berencana menggelar musyawarah daerah luar biasa (Musdalub) ulang untuk penentuan ketua terpilih.

Ketua DPP Bidang Penguatan Legislatif dan Eksekutif, Muhammad Thamsiel Hamid mengatakan, tanggal pelaksanaan Musdalub ulang itu belun ditentukan. "Jadwalnya masih dibahas DPP," katanya.



Thamsiel belum bisa memastikan kapan jadwal pelaksanaan Musdalub ulang dilaksanakan. Namun ia berharap bisa segera digelar dalam waktu dekat ini. Apalagi posisi Ketua DPD Hanura Sulsel sudah kosong sejak ditinggal Andi Ilhamsyah Mattalatta Oktober 2021 lalu.

"Nanti kita lihat. Tapi ada kemungkinan bulan ini atau bulan depan," jelasnya.

Pada Musdalub Hanura Sulsel yang digelar Oktober 2021 lalu, DPP memutuskan secara sepihak Wahyuddin M Nur sebagai Ketua DPD terpilih. Namun pemilihannya diwarnai keributan dan kericuhan. Pemilihan Wahyuddin bahkan diprotes oleh 16 DPC kabupaten/kota.

Belakangan mencuat nama Amsal Sampetondok sebagai figur yang didorong untuk menduduki Ketua DPD Hanura Sulsel . 16 DPC yang menolak Wahyuddin, kompak berada di barisan Amsal.

Baru-baru ini, Wahyuddin dan Amsal dipanggil ke Jakarta untuk menghadap DPP. Keduanya diminta mencari dukungan suara untuk persiapan pelaksanaan Musdalub ulang.

Sejauh ini, Amsal telah mengantongi total 12 dukungan dari DPC kabupaten/kota. Diantaranya ialah Makassar, Maros, Pangkep, Luwu Timur, Bantaeng, Enrekang dan Luwu Utara. Selanjutnya Pinrang, Sinjai, Soppeng, Tana Toraja, Palopo, Parepare, Gowa, Sidrap, Wajo, Takalar, Kepulauan Selayar, Luwu dan Bone.



Sementara Wahyuddin cuma memegang 4 dari 8 syarat dukungan DPC. Diantaranya ialah Bulukumba, Toraja Utara, Barru dan Jeneponto.

Ketua DPC Hanura Maros, Rusli Rasyid menuturkan pihaknya sejauh ini masih solid mendukung Amsal. Dan akan tetap begitu hingga purnawirawan TNI itu memimpin DPD Hanura Sulsel .

"Kami tetap di Pak Amsal. Dan tidak akan mau merubah dukungan sejak awal," beber Haji Celli sapaannya.

Sejak awal, ia memang mendorong agar DPP Hanura untuk segera bersikap. Posisi Ketua DPD Sulsel sangat mendesak untuk diisi, agar konsolidasi partai sudah bisa berjalan.

"Jadi kami di DPC meminta, sikap tegas dan cepat dari DPP. Kalau mau Hanura kembali berjaya di Sulsel, maka jangan salah pilih. Kami mau Pak Amsal yang menjadi ketua," jelas anggota DPRD Maros ini.

Sementara itu, Ketua DPC Hanura Kota Makassar, M Yunus mengklaim pihaknya memang sudah mendapat informasi terkait rencana Musdalub ulang. Namun ia juga belum tahu kapan jadwalnya.





"Ini tentu bagus agar legalitas ketua lebih baik. Tapi untuk jadwal, rencananya paling lambat bulan Maret," ungkapnya.

Makassar salah satu DPC yang juga komitmen mendukung Amsal. Yunus memandang Wahyuddin akan kesulitan bertarung di Musdalub ulang, jika dukungannya tidak mencapai 8 DPC.

"Tempo hari, dukungan Wahyuddin tidak cukup 30 persen. Baru saya tau kalau dukungan cuma 4 DPC, padahal harus 8 DPC," tandasnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1413 seconds (0.1#10.140)