Terguling di tengah rel, KA Surabaya-Jakarta terlambat

Rabu, 07 November 2012 - 01:58 WIB
Terguling di tengah rel, KA Surabaya-Jakarta terlambat
Terguling di tengah rel, KA Surabaya-Jakarta terlambat
A A A
Sindonews.com - Sebuah truk pengangkut tanah sekitar pukul 17.15 WIB petang, terguling di titik sekitar 300 meter sebelah Barat Setasiun Alas Tuwa Semarang. Seluruh isi muatan truk bernomor polisi H 1334 TG yang tumpah menutupi jalur rel sehingga mengakibatkan jadwal kereta terlambat beberapa jam.

Truk tersebut merupakan kendaraan pengangkut material untuk proyek rel ganda. Humas PT KAI Daop IV Semarang Sapto Hartoyo menyebutkan, setidaknya ada dua perjalanan kereta api yang mengalami keterlambatan. Masing-masing KA Blora Jaya AC jurusan Semarang-Blora dan Rajawali jurusan Surabaya-Jakarta.

“Untuk KA Blora Jaya terlambat 110 menit. Sedangkan KA Rajawali terlambat 50 menit,” ujarnya, di Semarang, Selasa (6/11/2012).

Perjalanan kereta terpaksa dihentikan sementara, sambil menunggu dibersihkannya jalur rel dari material yang tumpah. Untuk KA Rajawali berhenti di Setasiun Alas Tuwa, sementara KA Blora Jaya terpaksa berhenti pada jalur sebelum masuk Alas Tuwa. “Sekitar pukul 19.10WIB semua perjalanan kereta kembali normal,” katanya.

Dengan adanya keterlambatan perjalanan kereta akibat insiden itu, PT KA berencana meminta ganti rugi kepada pihak satuan kerja rel ganda. Sebab, dengan dihentikannya dua kereta tersebut, selain rugi waktu juga rugi bahan bakar karena kereta dalam kondisi hidup.

“Kan bahan bakarnya terus terpakai selama menunggu di pemberhentian. Ya, akan segera kami sampaikan permintaan ini,” paparnya.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi Jateng Urip Sihabudin mengatakan, satker rel ganda dipegang kementrian Perhubungan. “Untuk soal ini (ganti rugi), saya belum bisa matur banyak. Nanti, kita cari infonya dulu. Saya masih berada di Jogja,” ucapnya singkat.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4372 seconds (0.1#10.140)