Mahasiswa UNY Olah Limbah Abu Ampas Tebu Jadi Batu Bata Tahan Gempa

Sabtu, 13 Juni 2020 - 13:45 WIB
loading...
Mahasiswa UNY Olah Limbah Abu Ampas Tebu Jadi Batu Bata Tahan Gempa
Tiga mahasiswa FMIPA UNY dan batu bata segi enam tahan gempa dari bahan abu ampas tebu, hasil kreativitas mereka. Foto/Dok Humas UNY
A A A
YOGYAKARTA - Tiga mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil membuat inovasi batu bata segi enam tahan gempa dari bahan abu ampas tebu (AAT). Batu bata ini baik untuk bangunan dan juga ramah lingkungan.

Mahasiswa kreatif itu adalah Rania Nova Dechandra (mahasiswa program studi matematika), Siti Vera Lestari, dan Wahyuni Eka Maryati (mahasiswa prodi pendidikan matematika).

Rania Nova Dechandra mengatakan, ide pembuatan batu bata dari ATT dilatarbelakangi wilayah Indonesia yang berada di jalur cicin api dunia (ring of fire), sehingga rawan terjadi gempa bumi yang berpotensi merusak bangunan. Untuk itu diperlukan bahan bangunan tahan gempa. Mereka kemudian melakukan penelitian bahan apa yang bisa untuk membuat bangunan tahan gempa.( )

"Dari hasil penelitian, akhirnya didapatkan abu ampas tebu," kata Ratna, Sabtu (13/6/2020).

Ratne menjelaskan, abu ampas tebu dipilih karena memiliki kandungan silika tinggi yang baik untuk pengikat
bangunan sebagai penganti semen. Selain itu, juga kurang dimanfaatkan dan hanya menjadi limbah serta mencemari lingkungan. Padahal jumlah abu ampas tebu hasil sisa pengolahan tebu di industri gula sangat melimpah.

"Abu ampas tebu ini banyak mengandung senyawa silika (SiO2) yang dapat bereaksi dengan Ca(OH)2 yang dihasilkan dari reaksi pencampuran semen dan air sehingga dapat menghasilkan zat perekat seperti semen. Karena itu sayang jika potensi tersebut tidak dimanfaatkan," katanya.

Mengenai alasan mengapa batu bata yang mereka buat berbentuk segi enam, bukan segi empat, menurut Siti Vera Lestari, karena dari hasil penelitian, secara metematis menghemat tempat hingga 13% dan menghasilkan populasi lebih banyak 15% dibandingkan bentuk segi empat.

"Segi enam yang disusun bersama-sama juga mempunyai tingkat kerekatan yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh simetri putar segienam yang berjumlah enam buah. Sehingga hasilnya lebih baik dibandingkan
bentuk segi empat," katanya.

Wahyuni Eka Maryati menambahkan, dari hasil uji laboratorium Fakultas Teknis (FT) dan FMIPA UNY kadar abu ampas tebu yang paling baik untuk pembuatan batu bata segi enam, yaitu 5%. Sebab, kadar 5% mempunyai kuattekan tertinggi dan beban maksimal sebesar 3,43 MPa dan 22,69 N, di mana kuat tekan merupakan unsur utama yang menentukan kelayakan bata tersebut sebagai material bahan bangunan.

"Selain itu, porositas dan daya serap air batu bata segi enam dengan kadar abu ampas tebu 5% juga relatif sama dengan batu bata segi enam dengan kadar abu ampas tebu 0% yaitu sebesar 37,80% dan 18,78%,"
katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6242 seconds (0.1#10.140)