55 tempat gelar khataman Alquran

Minggu, 28 Oktober 2012 - 10:48 WIB
55 tempat gelar khataman Alquran
55 tempat gelar khataman Alquran
A A A
Sindonews.com - Perubahan Jalan Merdeka menjadi Jalan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) disambut dengan khataman Alquran serentak di 55 tempat se-Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Sementara acara utama berpusat di depan GOR Merdeka Jombang, malam nanti.

"Khataman serentak ini dimulai pada pukul 06.00 WIB hingga 15.00 WIB dan acara inti akan dimulai pada pukul 18.00 Wib," kata Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Sosial (Kesos) Setdakab Jombang Agus Panuwun kepada wartawan, di Jombang, Jawa Timur, Minggu (28/10/2012).

Selain menggelar Khataman serentak, peresmian jalan ini juga diwarnai dengan kirab Barongsai sepanjang 1 kilometer. Kemudian akan berlanjut dengan pembacaan selawat yang diikuti oleh 1.000 rebana. Dan diteruskan dengan tahlil Kubro di depan GOR Merdeka Jombang.

Dia menjelaskan, motivasi untuk merubah Jalan Merdeka menjadi Jalan Presiden KH Abdurrahman Wahid adalah untuk mengenang sosok mantan Presiden ke-IV RI itu.

Menurutnya, sosok Gus Dur ini merupakan tokoh dunia yang asli dari Jombang. Selain itu, pemikiran-pemikiran Gus Dur ini banyak mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Terutama ajaran Gus Dur tentang pluralisme dan saling menghargai perbedaan," ujar Mantan Camat Plandaan, Jombang ini.

Khataman Alquran tersebut diikuti oleh sejumlah Hafizd dan Hafizdoh se-Kabupaten. Dalam khataman ini, ada empat tempat utama, yakni di sejumlah makam para tokoh Nahdhotul Ulama (NU) di Jombang.

Seperti Makam KH Wahab Chasbulloh (Tambakberas), Mbah Usman (Buyut Gus Dur), KH Hasyim Asy'ari (Tebuireng), KH Bisri Syamsuri (Denanyar), KH Tamim Romly (Rejoso) dan makam Suryoadiningrat atau Kanjeng Sepuh (Bupati Jombang Pertama).

Khataman Alquran itu juga dilakukan di sejumlah kantor Muspida Kabupaten Jombang.

Diperkirakan 6.000 orang akan hadir dalam prosesi yang akan digelar malam nanti. Sejumlah tokoh dijadwalkan akan hadir seperti Sinta Nuriyah (istri Gus Dur), KH Mustofa Bisri (sahabat Gus Dur), Maman Imanul Haq (Tokoh NU) dan Saifulloh Yusuf (Wakil Gubernur Jawa Timur).

Dengan diresmikannya Jalan Presiden KH Abdurrahman Wahid ini otomatis nama-nama tokoh nasional akan menghiasi sejumlah jalan utama di Kabupaten Jombang.

Setelah jalan tokoh pluralisme ini akan menyambung Jalan Wachid Hasyim (Ayah Gus Dur yang juga perumus BPUPKI) kemudian berlanjut ke Jalan KH Hasyim Asy'ari (Kakek Gus Dur yang juga pendiri NU).
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9155 seconds (0.1#10.140)