Tinjau Vaksinasi di Pasuruan, Kapolda Jatim Sampaikan Tiga Hal Penting Cegah Varian Omincron

Kamis, 10 Februari 2022 - 21:30 WIB
loading...
Tinjau Vaksinasi di Pasuruan, Kapolda Jatim Sampaikan Tiga Hal Penting Cegah Varian Omincron
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta melakukan pengecekan vaksinasi di Taman Dayu, Kabupaten Pasuruan, Kamis (10/2/2022).(Ist)
A A A
PASURUAN - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta melakukan pengecekan vaksinasi di Taman Dayu, Kabupaten Pasuruan, Kamis (10/2/2022). Vaksinasi ini sekaligus mengikuti jalannya vaksinasi massal lanjutan booster serentak yang dipimpin langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara virtual.

Nico meninjau vaksinasi tahap dosis 2 dan booster jenis Sinovac dan Astrazaneca sebanyak 200 dosis.

Menurut Niko ada 3 hal penting yang disampaikan terkait meningkatnya varian Omincron. Pertama protokol kesehatan baik di tempat-tempat keramaian, seperti hotel, restoran, pasar dan tempat-tempat wisata.

"Ada dua aspek yaitu penegakan protokol kesehatan itu sendiri dengan memakai masker, jaga jarak, cuci tangan, dan juga aplikasi peduli lingkungani," jelasnya.

"Untuk itu dari jajaran Polda Jatim dan Polres kemarin mungkin Pak Bupati, Pak Dandim, juga mengikuti bahwa kita membentuk Pamor Keris. Pamor Keris adalah Patroli Motor Penegak Protokol Kesehatan di Masyarakat. Nanti tolong sinergi terus dilaksanakan, sehingga masyarakat betul-betul tetap melaksanakan kegiatan, tapi protokol kesehatan dilaksanakan, itu strategi pertama," paparnya.

Selanjutnya kedua Kapolda menyampaikan, terkait peningkatan vaksinasi yang berlangsung di Taman Dayu ini. Menurutnya vaksinasi di Kabupaten Pasuruan sudah bagus hanya vaksinasi lansia yang perlu ditingkatkan.

"Sesuai arahan dari Bapak Kapolri lansia itu sangat rentan terkena, tapi kalau divaksin mungkin dia akan lebih kuat, bisa kembali sehat," ucapnya.

Baca: Bagikan Sembako Pada Warga Wadas, Aparat Tegaskan Isu Intimidasi Murni Hoaks.

Ketiga menyiapkan tempat Isolasi Terpusat (Isoter). Sementara, di Pasuruan telah menyiapkan dua tempat, di BLK dan SKP. "Saya lihat totalnya ada 403 yang sudah disiapkan. Di luar 24 kecamatan, ada 279 tempat disotek. Jadi masing-masing kecamatan sudah menyiapkan isoter. Jadi total 279 dan yang terbaru kami menyiapkan Rusunawa milik Polres Pasuruan, dan sudah dilengkapi sarananya," tutupnya.

Perlu diketahui, Polda Jatim juga menggelar vaksinasi di 71 titik dengan menyiapkan 22.199 dosis vaksinasi dengan dibantu tenaga kesehatan gabungan dengan tujuan mendukung program pemerintah dalam membentuk herd immunity di Jawa Timur.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1569 seconds (0.1#10.140)