Polda Sulsel Canangkan Ajang Drag Race untuk Wadahi Pembalap Liar

Minggu, 06 Februari 2022 - 17:26 WIB
loading...
Polda Sulsel Canangkan Ajang Drag Race untuk Wadahi Pembalap Liar
Personel Satlantas Polrestabes mengamankan 6 unit sepeda motor milik pelaku balap liar dan aksi freestyle di MRR Makassar, Selasa (25/1/2022) petang. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Selatan mencanangkan membuat ajang balapan trek lurus atau drag race untuk mewadahi para pembalap liar yang dianggap mengganggu keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol Faizal menyampaikan pihaknya banyak mendapatkan aduan terkait aktivitas balap liar dan freestyle di Jalan Raya. Langkah untuk mengadakan event ini disebut sebagai salah satu pencegahan. "Semoga bisa kita redam," ujarnya, Minggu (6/2/2022).



Dia menambahkan, dari laporan yang diterima para pembalap liar bisa memicu bahaya bagi masyarakat utamanya pengguna jalan. Faizal bilang jika balapan drag race ini tertuju tentunya jadi hal yang bisa menarik minat dan bakat para pembalap guna menyalurkan hobinya.

Meski begitu, Faizal masih mengkaji dan merumuskan waktu pelaksanaan event drag race tersebut. Termasuk menentukan lokasi yang layak. "Kami upayakan secepatnya untuk memfasilitasi anak-anak muda yang tertarik dengan drag race," ucap Perwira Polri tiga bunga ini.

Sebagai langkah awal, Ditlantas Polda Sulsel, Jumat 4 Februari 2022, pihaknya mengumpulkan sejumlah klub motor hingga mobil di Makassar, untuk menyosialisasikan rencana itu. Sosialisasi juga dibarengi dengan edukasi tentang teknik berkendara yang aman.

Menurut Faizal, tujuannya, agar pengendara tidak merugikan dan mengancam keselamatan pengguna jalan lainnya. Sosialisasi juga dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang solusi tertib lalu lintas di jalan raya.

Setelah itu, lanjut Mantan Kasatlantas Polrestabes Semarang ini bakal berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Makassar. "Kita harus survey dulu dengan instansi terkait hal tersebut. Yang paling penting tidak mengganggu masyarakat ," ucapnya.



"Mudah-mudahan ada fasilitas yang bisa kita manfaatkan untuk menyalurkan hobi mereka khususnya drag racing. Jika berhasil kita lanjutkan dengan road race. Tentunya juga sarana prasarananya memadai, termasuk penyelenggaranya. Intinya kita pastikan aman," tandasnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)