Festival Bumi Panrita Lopi Jadi Ajang Bangkitkan UMKM

Sabtu, 05 Februari 2022 - 17:30 WIB
loading...
Festival Bumi Panrita Lopi Jadi Ajang Bangkitkan UMKM
Penampilan Barongsai di Festival Bumi Panrita Lopi. Event itu juga menjadi ajang membangkitkan UMKM. Foto: SINDOnews/Eky Hendrawan
A A A
BULUKUMBA - Festival Bumi Panrita Lopi secara resmi dibuka pada Jumat (4/2/2022), sebagai rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Kabupaten Bulukumba . Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Pemuda itu dinilai merupakan ajang membangkitkan UMKM . Dalam festival itu, berbagai produk UMKM memang ditampilkan di sejumlah stan.

Ketua Panitia Festival Bumi Panrita Lopi, Nur Alamsyah Annasing, menyampaikan pelaksanaan kegiatan itu didukung oleh pemerintah daerah dan sejumlah sponsor. Festival yang berlangsung hingga 13 Februari itu menampilkan produk lokal dan memang diharapkan menjadi ajang membangkitkan UMKM , yang sempat terpuruk akibat pandemi.



"Terutama membangkitkan kembali UMKM yang sempat terpuruk akibat pandemi korona yang melanda Indonesia dan Bulukumba pada khususnya," kata dia, Sabtu (5/2/2022).

Selain menampilkan produk UMKM , sejumlah stan di Festival Bumi Panrita Lopi juga menghadirkan stan dari OPD lingkup Pemkab Bulukumba . Kehadiran OPD untuk mempromosikan program unggulan dalam upaya memajukan daerah dan mensejahterakan warga.

Sekadar diketahui, Festival Bumi Panrita Lopi dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Darmawati. Kegiatan itu disambut antusias warga, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain menghadirkan stan produk UMKM , panitia pelaksana juga menyuguhkan Teater Kampong.

Adapula Sanggar Seni Al-Farabi yang sukses menghibur penonton dengan tarian yang berjudul Mappakaraja Sumange. Juga ada tontonan akrobatik dari Barongsai, yang dihadirkan oleh Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI).



Salah seorang pengunjung Festival Bumi Panrita Kopi, Irna, mengaku senang dan bahagia. Setelah beberapa tahun, ia bilang baru bisa kembali menyaksikan acara yang menghibur.

"Senang rasanya, lama baru ada hiburan kayak begini. Apalagi ini ulang tahun Bulukumba , memang perlu penyemarak seperti ini," ungkapnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)