Merasa Terhina, Mantan Kadis Tertunduk Dilantik ke Eselon Tiga oleh Bupati Simalungun

Jum'at, 04 Februari 2022 - 19:26 WIB
loading...
Merasa Terhina, Mantan Kadis Tertunduk Dilantik ke Eselon Tiga oleh Bupati Simalungun
Sejumlah mantan pejabat eselon II Pemkab Simalungun tertunduk dilantik sebagai pejabat eselon III, Jumat (4/2/2022).(Ist)
A A A
SIMALUNGUN - Merasa dihina Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga, sejumlah mantan pejabat eselon II yang sempat nonjob selama sekitar 3 bulan, tertunduk saat dilantik sebagai pejabat eselon III oleh Sekda Esron Sinaga, Jumat (4/2/2022).

Sebanyak 11 mantan pejabat eselon II setingkat kepala dinas dan kepala badan, Sekretaris Dewan (Sekwan), tidak menyangka dilantik sebagai pejabat eselon III yang ditempatkan di kecamatan dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Namun di antara mantan pejabat eselon II seperti Jamesrin Saragih mantan Kepala Badan Kepegawain Daerah (BKD) dan Harmedin Saragih mantan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan bahkan tidak bersedia dilantik karena merasa dihina diturunkan jabatannya tanpa ada kesalahan.

Informasi yang diperoleh, dari 18 pejabat eselon II yang dinonjobkan Oktober 2021 lalu oleh bupati Radiapoh H Sinaga, hanya 11 orang menghadiri pelantikan sebagai pejabat, namun 7 orang tidak hadir dan disebut-sebut menolak jabatan eselon III.

Kebijakan yang dilakukan Bupati Simalungun itu dinilai menjatuhkan harga diri para mantan pejabat eselon II dengan menurunkan jabatannya ,dan menempatkan di kecamatan bahkan di OPD yang pernah diduduki.

"Kejam sekali Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga, dan seperti terkesan menghina, mantan pejabat eselon II dilantik sebagai pejabat di kecamatan dan OPD," ujar seorang mantan kepala dinas. Baca: Warga OKI Tewas Usai Ditabrak saat Minta Sumbangan di Jalan, Ini Kata Dinsos.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Simalunguj Sudiahman Saragih yang dikonfirmasi terkait pelantikan mantan pejabat eselon II sebagai pejabat eselon III, mengaku sedang rapat. "Mohon maaf saya sedang rapat,nanti saya hubungi ya," sebut Sudiahman. Baca Juga: Gempa Bayah Banten Terasa Kuat di Jakarta, BMKG: Hati-hati Gempa Susulan.

Untuk diketahui sebelumnya pada Oktober 2021, sebanyak 27 pejabat eselon II di Pemkab Simalungun mengikuti job fit atau uji kompetensi. Namun hasil job fit hanya 8 yang dilantik atau dirotasi dan 19 pejabat dinonjobkan tanpa jelas penilainnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)