Tumbuhkan Semangat Gotong Royong Melalui Program Perelek Desa Sedekah

Jum'at, 04 Februari 2022 - 14:11 WIB
loading...
Tumbuhkan Semangat Gotong...
Lembaga independen milik publik yang concern mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi sosial-pemberdayaan berbasis wakaf produktif dan ZIS, Sinergi Foundation (SF) terus melakukan gerakannya. (Ist)
A A A
BANDUNG - Lembaga independen milik publik yang concern mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi sosial-pemberdayaan berbasis wakaf produktif dan ZIS, Sinergi Foundation (SF) terus melakukan gerakannya.

Dengan sinergi antar segenap elemen peduli guna meningkatkan kapasitas serta memperluas jangkauan pengabdian, lembaga yang digawangi Asep Irawan sebaga CEO ini berupaya meretas jalan bersama melalui pendayagunaan sumberdaya lokal , menuju terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter.

Di zaman dahulu, ada tradisi memasang perelek (potongan bambu) di rumah-rumah warga kampung. Di dalamnya diisi beras dan uang receh. Setiap minggu, uang dikumpulkan lalu disalurkan untuk masyarakat membutuhkan.

Tradisi gotong royong ala masyarakat desa ini kembali dihidupkan oleh Sinergi Foundation dengan merilis program desa sedekah. Sebelumnya Program ini diinisiasi di daerah tasikmalaya lalu kemudian di inisiasi Kembali di wilayah Kertasari Kab. Bandung.

Peresmian program Perelek Desa Sedekah ini dilakukan untuk menyebarluaskan kebaikan program untuk diketahui oleh banyak orang, baik itu warga yang ada di desa tersebut, maupun masyarakat luar untuk bisa mengikuti program Desa Sedekah ini. Dilakukan juga untuk pengukuhan pengurus desa sedekah yang didampingi oleh Sinergi Foundation.

"Tujuannya untuk memantik semangat berbagi masyarakat kepada orang yang lebih membutuhkan," tutur Ihsan, pendamping program Desa Sedekah – Lumbung Desa Sinergi Foundation.

Ia melanjutkan, tradisi perelek sudah hampir musnah disebagian wilayah desa tak terkecuali di wilayah Kabupaten Bandung. Keberadaan Desa Sedekah ini dibangkitkan lagi dengan pengelolaan manajerial yang jauh lebih baik.

"Semoga keberadaan program ini bisa meningkatkan kesejahteraan, dan tentunya bisa benar-benar menurunkan angka pra-sejahtera di kampung Parawan," katanya. Baca: COVID-19 di Bali Meroket, PTM di Semua Jenjang Dihentikan Mulai Hari Ini.

Sinergi Foundation bersama dengan masyarakat yang menjadi pengurus perelek tersebut bersinergi untuk memastikan program ini berjalan dengan lancar, dikelola dengan baik, adanya transparansi, dan menebarkan kebermanfaatan ke seluruh penjuru kampung dan desa itu sendiri.

Usai peresmian program perelek di Desa Sedekah, tim Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC) dari Sinergi Foundation pun turut meramaikan acara ini. Selain dapat leluasa memeriksakan kehamilan gratis, mereka juga mendapat penyuluhan seputar Kesehatan dan santunan sembako.
(nag)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)