Ramalan Jayabaya Menggemparkan Nusantara dan Penantian Ratu Adil Sang Penyelamat

Rabu, 02 Februari 2022 - 05:05 WIB
loading...
Ramalan Jayabaya Menggemparkan Nusantara dan Penantian Ratu Adil Sang Penyelamat
Prabu Jayabaya tidak hanya dikenal sebagai seorang Raja di Kerajaan Kediri namun juga dikenal dengan ramalannya yang akurat dan telah terbukti. Foto: Dok/Okezone
A A A
JAYABAYA adalah seorang raja yang memerintah KerajaanKediri sekitar tahun 1130-1160. Dia pun dikenal sebagai seorang raja yang adil dan hebat.

Selain sebagai raja yang adil dan disegani, dia juga dikenal dengan ramalannya yang begitu melegenda hingga menggemparkan nusantara, karena akurat dan menggambarkan suatu kenyataan. Ramalan Jayabaya itu sering disebut sebagai "Jangka Jayabaya".

Nubuatan Jayabaya:
Saat kereta melaju tanpa kuda,
kapal terbang melintasi langit,
dan kalung besi mengelilingi pulau Jawa
Ketika wanita mengenakan pakaian pria,
dan anak-anak mengabaikan orang tua mereka yang sudah lanjut usia,
ketahuilah bahwa waktu kegilaan telah dimulai.

Baca juga: Kisah Kasih Ibunda Ontrowulan Rebahkan Raga di Atas Makam Putranya Pangeran Samudro

Kereta dengan kuda, kapal yang terbang di langit, wanita yang mengenakan pakaian pria dan anak-anak mengabaikan orang tua mereka.

Apa yang terdengar mungkin terasa keterlaluan di Jawa abad ke-12, namun terdengar sangat normal di dunia modern yang mengendarai mobil dan menerbangkan pesawat.

Salah satu ramalan Jayabaya yang paling terkenal adalah kedatangan pria berkulit putih yang akan menduduki Jawa dalam waktu yang sangat lama.

Nubuat itu tercermin dalam penjajahan Indonesia oleh Belanda, yang pertama kali tiba di Nusantara pada tahun 1595, lebih dari 400 tahun setelah pemerintahan Jayabaya.

Ramalan itu diikuti oleh firasatnya tentang orang-orang berkulit kuning dari utara, yang kedatangannya akan menandai berakhirnya kekuasaan orang kulit putih Indonesia dan kemudian akan menduduki Jawa sendiri seumur hidup. Prediksi ini sesuai dengan kedatangan Jepang yang menginvasi Indonesia pada Perang Dunia II.

Baca juga: Misteri Kematian Syekh Siti Jenar, dari Hukuman Mati hingga Jasad Berbau Wangi
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1299 seconds (10.55#12.26)