Kerjasama dengan KKP, PBNU Rintis Program Binaan Kampung Nelayan di Labuan Bajo

Rabu, 02 Februari 2022 - 12:03 WIB
loading...
Kerjasama dengan KKP, PBNU Rintis Program Binaan Kampung Nelayan di Labuan Bajo
Ketua PBNU, Nasyirul Falah Amru menjelaskan model binaan kampung nelayan yang akan diterapkan di daerah pesisir. Program ini dirintis di Labuan Bajo, NTT. Foto/Ist
A A A
LABUAN BAJO - Pengurus Besar Ngahdlatul Ulama (PBNU) menyiapkan model binaan kampung nelayan yang akan diterapkan di sejumlah daerah pesisir. Program ini akan dimulai dengan peninjauan kampung nelayan calon binaan NU di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 5 Februari 2022 mendatang.

Ketua PBNU, Nasyirul Falah Amru mengungkapkan, peninjauan kampung nelayan merupakan tindaklanjut dari nota kesepahaman (MoU) yang telah ditandatangani PBNU dan Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di hadapan Presiden Jokowi saat pengukuhan kepengurusan PBNU periode 2022-2027, di Balikpapan, Kalimantan Timur pada Senin, (31/1/2022) lalu.


"PBNU ke depan concern dengan program-program yang orientasinya adalah untuk kemaslahatan dan meningkatkan peran umat. MoU dengan KKP salah satu upaya untuk meningkatkan potensi umat, untuk bisa bersinergi dengan mimpi besar pemerintah yang ingin mengoptimalkan potensi dari sektor kelautan dan perikanan," kata Nasyirul Falah Amru, Rabu (2/2/2022).

Tokoh muda NU yang biasa disapa Gus Falah ini mengungkapkan, potensi sektor kelautan dan perikanan oleh NU akan dioptimalkan melalui program seperti pengembangan kampung nelayan maju, pengembangan kampung perikanan budidaya, dan pengembangan usaha garam rakyat.

Agar program tersebut bisa berjalan efektif, kata dia, maka PBNU dan KKP juga akan bersinergi dalam program pengembangan kapasitas dan karakter sumber daya manusia.

"Ini menjadi program yang tak terpisahkan, agar orientasi untuk meningkatkan kemaslahatan dari sektor kelautan dan perikanan juga dilandasi dengan kesadaran pentingnya pengelolaan ekologi dan kesehatan laut," terang Gus Falah.


Dia menjelaskan, agenda di Labuan Bajo nanti merupakan bagian dari rangkaian Harlah NU ke-96. Tema yang diusung adalah "Merawat Jagat Kemaritiman, Membangun Peradaban Nelayan".



Acara akan dihadiri langsung oleh Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar dan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf. Sedangkan pesertanya dari jajaran PCNU dan PWNU serta perwakilan nelayan dari NTT.

Dari unsur pemerintah yang dijadwalkan hadir adalah Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono, serta Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat.

"Nanti dalam salah satu rangkaian acara adalah PBNU bertemu dengan nelayan, berdialog, dan memberikan bantuan untuk pembangunan masjid dan balai desa, kemudian makan ikan bakar bersama-sama dengan nelayan," jelas Gus Falah.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2316 seconds (0.1#10.140)