5 Kota Besar Ini Raih Predikat Kota Sosial Cerdas, Ini Indikatornya

Selasa, 01 Februari 2022 - 01:06 WIB
loading...
5 Kota Besar Ini Raih Predikat Kota Sosial Cerdas, Ini Indikatornya
Kota Bandung meraih predikat Kota Sosial Cerdas bersama empat kota besar lainnya berdasarkan hasil riset RKCI & RTDI 2021. Foto/Ilustrasi/Dok
A A A
BANDUNG - Lima kota besar di Indonesia meraih predikat Kota Social Cerdas (smart society) berdasarkan hasil penelitian Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas Institut Teknologi Bandung (ITB). Kelima kota itu adalah Kota Bandung, Semarang, Surabaya, Bogor dan Tangerang.

Penelitian bertema Riset Rating Transformasi Digital dan Kota Cerdas Indonesia 2021 (Riset RKCI & RTDI 2021) tersebut dilakukan untuk menilai sejauh mana kesiapan kota-kota di Indonesia dalam implementasikota cerdas.

"Dalam riset RTDI & RKCI 2021 ini, terdapat beberapa aspek yang dijadikan indikator penilaian dimana salah satu kategori dalam peratingan, yaitu Kota Menuju Sosial Cerdas," kata Ketua Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas ITB, Prof Suhono Harso Supangkat, Senin (31/1/2022).

Menurut Suhono, suatu kota dapat dikatakan cerdas apabila telah mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Riset RTDI & RKCI 2021 sendiri menyasar 93 kota di Indonesia yang terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu kota besar, kota sedang, dan kota kecil.



"Adapun peringkat lima besar Kota Menuju Sosial Cerdas kategori Kota Besar secara berurutan yaitu Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surabaya, Kota Bogor dan Kota Tangerang," sebutnya.

Sedangkan kategori Kota Sedang, yaitu Kota Yogyakarta Kota Denpasar Kota Kediri Kota Probolinggo dan Kota Balikpapan serta Kota Kecil, yaitu Kota Pariaman, Kota Bontang, Kota Salatiga, Kota Bukittinggi, dan Kota Blitar.

"Sosial cerdas atau smart society merupakan pengukuran yang menargetkan pembangunan sistem masyarakat yang humanis baik antarindividu maupun antarkelompok," terang Suhono.

Suhono juga menjelaskan bahwa indikator yang diukur dalam kategori ini antara lain kesiapan dan kemampuan kota dalam menyediakan keamanan, kenyaman, dan kemudahan dalam mengakses pelayanan publik melalui dukungan layanan infrastruktur, teknologi, tata kelola, dan data serta pengelolaan sumber daya manusia (SDM) yang efektif dan efisien.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6229 seconds (0.1#10.140)