Pertamina Apresiasi Masyarakat Lewat Bank Sampah

Rabu, 26 Januari 2022 - 18:05 WIB
loading...
Pertamina Apresiasi Masyarakat Lewat Bank Sampah
Pemberian apresiasi kepada masyarakat dalam program Bank Sampah Awards di Kantor Integrated Terminal Makassar, Selasa (16/1/2022). Foto: Dokumentasi Pertamina
A A A
MAKASSAR - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melalui Integrated Terminal Makassar menyelenggarakan kegiatan rutin tahunan, Bank Sampah Awards yang diadakan di Kantor Integrated Terminal Makassar pada Selasa, 25 Januari 2022 kemarin.

Kegiatan ini sebagai upaya mewujudkan komitmen dan kepedulian terhadap pemberdayaan masyarakat di bidang lingkungan, serta meningkatkan semangat pengelolaan sampah melalui program Bank Sampah di Kelurahan Tamalabba, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar.

Baca juga:Wujudkan Kemandirian Energi Indonesia, Pertamina Siap Memulai Proyek Hilirisasi Batu Bara Menjadi DME

Pada kegiatan tersebut, turut hadir Integrated Terminal Manager Makassar Pertamina Patra Niaga , Bambang Soeprijono, Kabid Pengolahan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Kafiani, Kepala UPT Bank Sampah Kota Makassar, Nasrun, Kepala Seksi Kecamatan Ujung Tanah, Abd Haris, Sekretaris Kelurahan Tamalabba, Herlina Aras, Manager Yayasan Peduli Negeri, Andi Nurdiansyah dan Ketua TP PKK Kecamatan Ujung Tanah.

Bersinergi dengan UPT Bank Sampah Kota Makassar, Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, pemberdayaan masyarakat melalui program Bank Sampah tersebut merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina di sekitar area operasi Integrated Terminal Makassar.

Integrated Terminal Manager Makassar Pertamina Patra Niaga , Bambang Soeprijono mengatakan, program Bank Sampah merupakan upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, juga menciptakan masyarakat yang peduli akan kebersihan melalui kemampuan pengelolaan sampah yang baik.

“Untuk program Bank Sampah sudah mulai dari tahun 2017, saat ini kami sudah membina 4 kelompok Bank Sampah. Salah satu programnya yaitu membina kelompok Bank Sampah menciptakan kreasi barang-barang dari sampah menjadi barang-barang yang berguna untuk kebutuhan sehari-sehari seperti tas, tempat handphone dan lain-lain. Kreativitas dari kelompok Bank Sampah ini, kita tingkatkan dengan memberikan pelatihan-pelatihan pengelolaan sampah,” ujarnya.

Bambang menambahkan, pada tahun 2021, keempat kelompok Bank Sampah Binaan CSR Integrated Terminal Makassar telah berhasil mengumpulkan dan mengolah 8,99 ton sampah yang terdiri dari sampah plastik, sampah kertas, sampah besi, dan sampah kardus menjadi barang-barang bernilai ekonomis. Kini, keempat Bank Sampah tersebut tergabung salam satu program CSR Pertamina yang diberi nama Program TASBERLIN (Tabungan Sampah Bersihkan Lingkungan).

Baca juga:Harga Pertalite dan Pertamax Dinilai Perlu Dinaikkan, Ini Alasannya

Dalam penyelenggaraan program Bank Sampah ini, Pertamina pun memberikan sejumlah bantuan fasilitas berupa gerobak sampah, serta alat pendukung berupa timbangan sampah dan buku tabungan sampah serta pelatihan manajemen pembukuan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1855 seconds (11.97#12.26)