7 hari, 28 orang tewas di jalan

Minggu, 19 Agustus 2012 - 11:09 WIB
7 hari, 28 orang tewas di jalan
7 hari, 28 orang tewas di jalan
A A A
Sindonews.com - Polda Sumatera Selatan (Sumsel) mencatat 28 orang meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas selama seminggu terakhir. Dari 28 orang yang tewas tersebut, sebagian besar disebabkan kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda motor.

"Kalau tahun lalu hanya 20 orang. Sebagian besar yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas itu berprofesi sebagai karyawan swasta. Sementara untuk penyebabnya, karena mobil menabrak sepeda motor, mobil menabrak mobil, dan lainnya," kata Kapolda Sumsel Irjen Pol Dikdik Mulyana Arief Mansyur di Mapolresta Palembang, Minggu (19/8/2012).

Menurutnya, kecelakaan lalu lintas yang menonjol dalam seminggu terakhir adalah kecelakaan yang melibatkan mobil dengan truk, dan menewaskan tujuh orang pemudik di Kabupaten OKU, dan Muaraenim.

Selain 28 orang meninggal dunia, Dikdik juga menyampaikan ada 22 orang yang mengalami luka berat, dan 15 orang mengalami luka ringan akibat kecelakaan lalu lintas. Jumlah tersebut menurun dibandingkan periode yang sama 2011 lalu, yakni dengan 28 orang luka berat, dan 36 orang luka ringan.

Untuk itu, Dikdik meminta kepada para pemudik yang menggunakan jalur darat untuk terus mematuhi peraturan lalu lintas yang ada di jalan. "Ingat, jangan pakai motor untuk mudik. Karena sepeda motor memiliki tingkat kecelakaan yang tinggi, memang kan kendaraan roda dua tidak didesain untuk perjalanan jauh," tandasnya.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3168 seconds (0.1#10.140)