Kebumen Nihil COVID-19, Bupati Minta Warga Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Kamis, 11 Juni 2020 - 18:34 WIB
loading...
Kebumen Nihil COVID-19, Bupati Minta Warga Tetap Patuhi Protokol Kesehatan
Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz saat memberikan keterangan pers. Foto/ist
A A A
KEBUMEN - Keseriusan dan kerja keras Pemkab Kebumen menangani pandemi COVID-19 di wilayahnya patut diapresiasi. Seluruh pasien positif COVID-19 di Kebumen dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan ke rumah masing-masing.

Atas keberhasilannya itu, Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen, mendeklarasikan new normal atau kenormalan baru yang sesuai dengan protokol kesehatan.

"Alhamdulillah hari ini kita menggelar pasukan untuk pendisiplinan kenormalan baru yang akan diterapkan mulai hari ini, mudah-mudahan pasukan ini nanti bisa langsung terjun. Tentu ini kehidupan normal baru dan alhamdulillah untuk di Kabupaten Kebumen pasien COVID-19 sudah sembuh semua total 100 persen," kata Yazid Mahfudz, Kamis (11/6/2020). (Baca juga: 20 ASN Pemkot Semarang Positif Corona, Di Antaranya Pejabat Struktural )

Deklarasi new normal diawali dengan apel gelar pasukan tim pendisiplinan penerapan kenormalan baru yang diikuti oleh beberapa unsur. Apel dipimpin oleh tiga pilar yaitu Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan dan Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara.

Disela-sela apel gelar pasukan, Bupati berpesan, meski saat ini sudah tidak ada kasus terkonfirmasi positif COVID-19, diharapkan ke depannya tidak ada lagi penambahan kasus positif. Dia juga meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. (Baca juga: Update Corona 11 Juni 2020: 35.295 Positif, 12.636 Sembuh dan 2.000 Meninggal Dunia )

"Harapan kami ke depan ini tetap terjaga agar tidak ada penambahan (positif) lagi. Nanti tim pemantauan ini akan langsung terjun memantau new normal life yang ada di Kebumen. Masyarakat kami imbau tetap patuh terhadap protokol kesehatan, ini imbauan untuk kehidupan new normal," lanjutnya.

Usai apel pasukan, bupati beserta rombongan kemudian menuju Masjid Agung Kauman Kebumen untuk membuka pintu gerbang secara resmi pertanda masjid siap digunakan kembali untuk aktifitas peribadahan. Setelah berwudlu, rombongan Bupati Kebumen dan sejumlah pejabat Pemkab kemudian memasuki masjid dan melakukan sujud syukur atas sembuhnya seluruh pasien virus Corona di Kebumen. (Baca juga: KPU Ajukan Penambahan Rp4,77 T untuk Pilkada Protokol COVID-19 )

"Sujud syukur ini merupakan wujud syukur dan terima kasih kami kepada Yang Maha Kuasa karena Kebumen telah zero COVID-19. Untuk masjid agung hari ini secara resmi kami buka kembali dan mulai besok sudah bisa digunakan untuk Jumatan,"kata Yazid.

Selama masa pandemi virus Corona, ada 3.106 orang dalam pemantauan (ODP) terdiri dari 184 masih proses pemantauan dan 2.922 selesai pemantauan di Kebumen. Kemudian jumlah kasus pasien dalam pengawasan (PDP) di Kebumen yakni sebanyak 236 kasus. Terdiri dari 44 selesai pengawasan, 18 masih dalam pengawasan, 154 negatif dan 20 meninggal tanpa hasil lab. Sedangkan untuk kasus positif Corona di Kebumen ada 34 kasus yang terdiri dari 32 dinyatakan sembuh dan 2 orang meninggal.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan menjelaskan bahwa, pihaknya akan lebih gencar lagi melaksanakan patroli untuk mendisiplinkan masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Jajaran Polres Kebumen mendukung 100 % upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona di wilayah Kabupaten Kebumen. Situasi seperti saat ini semua pihak harus bersinergi dan saling mendukung,” kata AKBP Rudy Cahya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)