Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Besok, Masjid Agung Darussalam Cilacap Kembali Gelar Salat Jumat

loading...
Besok, Masjid Agung Darussalam Cilacap Kembali Gelar Salat Jumat
Setelah tutup selama pandemi virus corona, Masjid Agung Darussalam Cilacap mulai besok kembali digunakan untuk salat Jumat dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. FOTO/iNews/HERI SUSANTO
CILACAP - Setelah ditutup selama pandemi virus corona jenis baru, COVID-19, Masjid Agung Darussalam Cilacap akan kembali digunakan untuk salat Jumat , besok. Sejumlah persiapan dilakukan sejak beberapa hari, seperti membersihkan masjid, membuat tanda jarak, dan menyiapkan tempat cuci tangan bagi jamaah.

"Pelaksanaan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Kita siapkan tanda jarak untuk tiap saf, ada enam wastafel untuk cuci tangan para jamaah salat Jumat dan 8 buah alat pengukur suhu tubuh atau thermogun. Selain itu, tempat wudhu dan saf khusus untuk musafir juga kita siapkan," ujar Ketua Yayasan Darussalam, Muchsin, Kamis(11/6/2020).

Selain itu, jumlah jamaah salat Jumat juga dibatasi dibandingkan hari normal. Jika biasanya dipenuhi ribuan jamaah, maka besok hanya bisa diisi 30%-40%. "Lantai bawah hanya diisi sekitar 500, sedangkan lantai 2 hanya bisa menampung sekitar 200-300 jamaah. Jika jamaah yang datang melebihi kapasitas, kita juga menyiapkan halaman parkir untuk digunakan oleh jamaah, tentu dengan saf berjarak," katanya.(Baca juga: Menag Segera Evaluasi Pelaksanaan Salat Jumat di Masa Pandemi COVID-19 )

Halaman parkir akan dikosongkan, adapun kendaraan bisa diparkir di Kodim maupun sekitar alun-alun. Namun jika nanti ada halangan seperti hujan, maka jamaah yang ada di halaman akan kita minta untuk pulang.



Bagi jamaah yang datang agar membawa sajadah sendiri dan sudah berwudhu dari rumah. Selain itu, anak di bawah 10 tahun untuk sementara tidak diperbolehkan untuk salat Jumat . Yang terpenting, bagi jamaah diwajibkan untuk menggunakan masker. Jika tidak, maka terpaksa diminta pulang.

Untuk pintu masuk, hanya dibuka satu pintu yakni pintu sebelah timur. Sedangkan untuk di masjid hanya 2 pintu yakni pintu utara dan selatan. "Saat memasuki area masjid, jamaah dicek suhu tubuh dan cuci tangan," katanya.

Menurut Ketua Takmir Masjid Agung Darussalam Cilacap , KH Muslikun Ashari, pelaksanaan salat Jumat nanti lebih singkat. Selain itu, akan dihadiri oleh Jajaran Forkominda Kabupaten Cilacap. "Pelaksanaan salat Jumat di masa pandemi corona ini akan lebih singkat dibandingkan hari normal. Karena tahapanya dipersingkat, misal jika biasanya di waktu normal itu 15 menit, ini jadi 10 menit, yang penting rukun khutbah sudah terpenuhi," katanya.
(abd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top