4 bulan, RSUD Yowari beroperasi tanpa listrik

Jum'at, 06 Juli 2012 - 12:46 WIB
4 bulan, RSUD Yowari beroperasi tanpa listrik
4 bulan, RSUD Yowari beroperasi tanpa listrik
A A A
Sindonews.com - Kondisi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari, Kabupaten Jayapura, Papua belakangan ini sangat memprihatinkan. Tidak adanya pasokan anggaran membuat fasilitas di RSUD Yowari sangat minim. Bahkan selama empat bulan RSUD ini harus beroperasi tanpa pasokan listrik.

Dalam pelayanannya, RSUD Yowari terpaksa menggunakan lilin jika malam. Akibatnya, banyak pasien yang dirujuk ke rumah sakit lain pada malam hari jika pasien tersebut harus mendapat perawatan yang intensif.

Kepala RSUD Yowari Niko mengatakan, kondisi ini sudah berlangsung selama empat bulan. Listrik di RSUD Yowari diputus Perusahaan Listrik Negara (PLN) lantaran belum membayar tagihan.

"Tidak ada kucuran dana beberapa bulan ini. Kami baru mendapat bulan Juli ini," ujar Niko menjelaskan kepada wartawan, Jumat (6/7/2012).

Selain itu, para dokter, pegawai dan honorer di RSUD Yowari tidak menerima gaji sejak April, Mei dan Juni. Kondisi ini dimaklumi oleh karyawan di RSUD ini.

Niko menjelaskan, Juli ini, Pemkab Jayapura baru mengucurkan dana sebesar Rp10 miliar. Asal dana tersebut menurut Niko yakni Rp6 miliar dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Rp4 miliar dari dana otonomi khusus.

"Bulan Juli ini anggaran baru turun ke kami. Tunggakan listrik dan kebutuhan lainnya bisa dibayar," ujar Niko.

Kini, para dokter, karyawan, honorer dan pasien di RSUD Yowari bisa bernapas lega dengan kucuran dana tersebut. Masyarakat pun berharap, pemerintah lebih memperhatikan fasilitas kesehatan. Karena, warga hanya mengandalkan fasilitas seperti RSUD Yowari ini jika sakit.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.8009 seconds (0.1#10.140)