Tanah Bergerak, 1 Rumah Warga di Semarang Rusak Berat

Kamis, 13 Januari 2022 - 08:13 WIB
loading...
Tanah Bergerak, 1 Rumah Warga di Semarang Rusak Berat
Sebuah rumah di Desa Trayu, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, rusak berat akibat pergerakan tanah, Kamis (13/1/2022). Foto/iNews TV/Lurisa Lulu
A A A
SEMARANG - Fenomena tanah bergerak menggegerkan warga Desa Trayu, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sebuah rumah warga mengalami rusak berat, karena tanah di sekitarnya ambles sedalam satu meter dengan panjang 50 meter.



Peristiwa ini terjadi saat hujan lebat mengguyur kawasan tersebut. Rumah yang mengalami rusak berat, diketahui milik Maria Wiji. Bangunan rumah permanen ini, mengalami kerusakan pada bagian kamar mandi dan dapur, dengan sebagian dindingnya menganga, serta pondasinya ambles bersama tanah.



Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, karena saat kejadian para penghuni rumah berada di dalam ruang tamu. "Satu bulan sebelumnya, bagian lantai dapur dan tembok mengalami keretakan. Meski telah ditambal, namun ternyata tidak mampu mencegah amblesnya tanah, " ujar Maria Wiji.



Kawasan tersebut merupakan daerah perbukitan yang dikenal dengan lokasi rawan bencana, seperti tanah bergerak hingga longsor. Bahkan dua keluarga yang rumahnya berada di bawah rumah Maria Wiji, telah mengungsi ke rumah tetangganya, karena tanah masih bergerak ke bawah sehingga dikawatirkan dapat menimpa rumah mereka.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)