Remy Sylado Centre Bakal Dibangun di Manado

Jum'at, 07 Januari 2022 - 17:14 WIB
loading...
Remy Sylado Centre Bakal Dibangun di Manado
Eleonora Moniung selaku keponakan dari Remy Sylado. Foto: Subhan/SINDOnews
A A A
MANADO - Remy Sylado, seorang aktor, dosen, novelis, penulis, sastrawan dan wartawan senior asal Minahasa, Sulawesi Utara, bakal membangun Remy Sylado Centre di Manado.

Hal tersebut sudah lama menjadi keinginan dari pria bernama lengkap Japi Panda Abdiel Tambayong yang sering disapa Japi itu. Eleonora Moniung selaku keponakan dari Remy Sylado saat ini dalam kondisi sakit dan dirawat sang istri Marie Louise di rumahnya.

‘’Om Japi dalam kondisi sakit dan beliau punya keinginan untuk memperkenakan hasil karyanya, menghimpun dan mengumpulkan anak binaannya di Sulawesi Utara dengan membangun sebuah galery dan tempat pentas seni budaya,‘’ kata Eleonora Moniung yang juga pengacara nasional itu, Jumat (7/1/2022).



Eleonora mengaku telah bertemu langsung dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey di vila Mangatasik untuk membahas hal itu dan mendapar support dari Gubernur Olly dengan menunjuk tim kecil untuk merancang dan segera merealisasikan keinginan om Japi.

"Tugas dari Om Japi ini sudah lama diemban sebelum beliau jatuh sakit. Saya optimis ini bisa berjalan lancar dengan harapan Remy Sylado Centre akan menjadi salah satu destinasi wisata budaya di Manado," ujar Sekjen Yayasan Srikandi itu.

Eleonora menambahkan, Tim Pokja 23671 Centre sudah dibentuk dan akan segera action dengan Gubernur Sulut selaku pengarah, penasehat para budayawan, Pembina Rita Dondokambey, Ketua Eleonora Moniung, Ketua Harian Donna Keles, Sekretaris Reggie Senduk, Bendahara Elsye Monginsidi dan Humas Jeane Rondonuwu.



Seperti diketahui, karir Remy Sylado berjaya lebih dari lima dekade. Dia muncul di belasan film layar lebar dan termasuk salah satu aktor paling disegani di generasinya.

Dia juga seorang penulis aktif yang beberapa karyanya telah diadaptasi untuk layar lebar. Salah satu film terkenal berdasarkan tulisannya adalah Ca-Bau-Kan (2002) dari novel berjudul sama Ca-Bau-Kan: Hanya Sebuah Dosa (1999).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.5949 seconds (0.1#10.140)