ASN Pemkot Solo Kembali Disasar Rapid Test COVID-19

Rabu, 10 Juni 2020 - 12:40 WIB
loading...
ASN Pemkot Solo Kembali Disasar Rapid Test COVID-19
Rapid test COVID-19 kepada ASN Pemkot Solo, Rabu (10/6/2020). Foto: Dok Humas Pemkot Solo
A A A
SOLO - Dinas Kesehatan (Dinkes) Solo kembali menggelar rapid test atau tes cepat COVID-19 dengan sasaran aparatur sipil negara (ASN) maupun tenaga kontrak dengan perjanjian kerja (TKPK) di lingkungan Pemkot setempat Rabu (10/6/2020). Sekitar 750 ASN dan TKPK menjalani rapid test yang berlangsung di Pendapi Gede Balai Kota Solo selama dua hari.

ASN yang menjalani rapid test berasal dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) maupun Perusahaan Milik Daerah (Perumda). “Rapid test diprioritaskan kepada ASN atau TKPK yang langsung melayani publik. Seperti petugas pemungut retribusi pasar, dan kasir bank,” kata Kepala Dinkes Solo Siti Wahyuningsih, Rabu (10/6/2020).

Selain ASN dan TKPK, Dinkes rencananya juga akan melakukan tes cepat kepada pengemudi ojek online, pekan depan. Rapid test akan mengambil sampel sekitar 150 ojek online yang mangkal di Kota Solo. Rapid test 70% di antaranya menyasar ojol kendaraan roda dua dan 30% sisanya ojol mobil. Uji cepat diharapkan dapat mendeteksi lebih dini potensi penularan.

Diungkapkannya, pengemudi ojek online merupakan salah satu pekerja yang berisiko tinggi. Pengemudi kendaraan roda dua lebih riskan karena jaraknya dekat dengan penumpang. Rapid test yang akan dilaksanakan pekan depan, rencananya akan digelar di Pendapi Gede Balai Kota Solo.

Mereka bakal mendapatkan kupon isian berupa nama, alamat, nomor telepon, serta tanggal dan jam pengambilan sampel. Dengan demikian, diharapkan tidak terjadi kerumunan. Sehingga mereka diminta datang tepat waktu dan tidak bisa diwakilkan. Dalam pelaksanaan tes cepat, Dinkes akan menggandeng Dinas Perhubungan (Dishub) Solo.(Baca juga : Gaya Wali Kota Solo Pakai Masker Bergambar Kumis Tebal Jadi Viral )
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7243 seconds (0.1#10.140)