Bali Rawan Gelombang Pasang, Warga Diimbau Tak Tahun Baruan di Pantai

Jum'at, 31 Desember 2021 - 10:11 WIB
loading...
Bali Rawan Gelombang Pasang, Warga Diimbau Tak Tahun Baruan di Pantai
Warga dan wisatawan di Bali yang akan merayakan tahun baru di pantai diminta waspada. BMKG mengeluarkan peringatan dini tentang potensi gelombang pasang yang menerjang pesisir. Foto ilustrasi
A A A
DENPASAR - Warga dan wisatawan di Bali yang akan merayakan tahun baru di pantai diminta waspada. BMKG mengeluarkan peringatan dini tentang potensi gelombang pasang yang menerjang pesisir.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar Dwi Hartanto mengatakan, potensi gelombang pasang akan terjadi hingga 5 Januari 2022 mendatang.

"Fenomena alam yang muncul di pesisir pantai berupa banjir rob. Kita imbau warga dan wisatawan yang akan merayakan tahun baru di pantai waspada," kata Dwi, Jumat (31/12/2021).

Hartanto menyebut potensi banjir rob melanda sejumlah pantai yang akan dipadati warga dan wisatawan saat perayaan tahun baru di antaranya Kuta, Jimbaran, Nusa Dua dan Sanur.

Juga sejumlah pantai di Tabanan, Gianyar, Klungkung dan Karangasem. "Ini karena adanya fase bulan baru yang bersamaan dengan Perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi," katanya.

Selain gelombang pasang, hujan diperkirakan akan mengguyur pada malam pergantian tahun. Sejumlah wilayah yang berpotensi terjadi hujan yaitu Denpasar, Badung, Bali barat dan utara.

Peringatan juga disampaikan kepada pengguna jasa penyeberangan Gilimanuk menuju Ketapang. "Gelombang tinggi hingga dua meter berpotensi terjadi di Selat Bali," ujar Hartanto.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)