Asap Hitam Pekat Halangi Petugas Jinakkan Api di RSUP Kariadi

Jum'at, 31 Desember 2021 - 05:30 WIB
loading...
Asap Hitam Pekat  Halangi Petugas Jinakkan Api di RSUP Kariadi
Kebakaran hebat melanda RSUP dr Kariadi. Asap hitam pekat halangi petugas Jinakkan Api di RSUP Kariadi
A A A
SEMARANG - Petugas mengerahkan tujuh unit mobil pemadam kebakaran ( damkar ) untuk menjinakkan api yang mengamuk di RSUP Kariadi Semarang , Jawa Tengah. Sementara petugas damkar yang berangkat ke lokasi sebanyak 45 orang.

Kabid Operasional Damkar Kota Semarang, Trijoto Poejo Sakti mengatakan, petugas sempat kesulitan memadamkan api karena tertutup asap hitam pekat. Petugas tak bisa mendekat dan melihat sumber api.



“Api ada di balik tembok-tembok dan gedung. Untuk menjangkau ke sana itu agak lama, kita mau masuk asapnya tebal sehingga dari luar gedung kita tembak (semprot) air,” kata Trijoto, di Semarang, Kamis malam (30/12/2021).

“Walaupun kita pakai kacamata atau masker, tapi jarak pandang tidak ada, apalagi gelap gulita (malam),” imbuhnya.

Menurut dia, petugas damkar mesti menunggu arahan dari pihak rumah sakit untuk menunjukkan jalan mencapai titik api. Setelah berhasil masuk gedung, petugas segera membuka pintu-pintu dan jendela agar asap bisa keluar.



“Begitu kita buka semua pintu-pintu, asap kita kendalikan. Setelah asapnya keluar, kita tembak (semprot titik api) dari dalam juga,” tambahnya.

“Alhamdulillah di situ kita tidak kesulitan, karena hidran nyala. Sampai sekarang bagus, sangat membantu. Jadi kalau hidran jalan, bisa beroperasi tentu api bisa dengan cepat padam,” lugas dia.



Setelah api berhasil dipadamkan, petugas tetap berada di lokasi untuk melakukan pendinginan. Langkah tersebut sangat penting untuk memastikan tak terjadi kobaran api susulan.

“Pemadaman api ya sekira 1 jam karena hidran itu sangat membantu. Jadi kalau sampai air terhenti maka sumber panas tadi bisa merambat ke gedung yang lain. Untung air lancar, ini (kebakaran) hanya di gedung radiologi saja. Sudah padam, sudah aman, sudah terkendali,” tegasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)