Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadhan Dibagi 3 Sesi

Kamis, 23 April 2020 - 11:30 WIB
loading...
Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadhan Dibagi 3 Sesi
Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadhan Dibagi 3 Sesi
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal Ramadan 1441 H/2020 M pada Kamis (23/4/2020) hari ini. Sidang isbat dilakukan melalui sarana teleconference untuk menghindari kerumunan sesuai protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

"Seiring kebijakan physical distancing dan sesuai protokol kesehatan, kita menghindari ada kerumunan. Sidang isbat akan memanfaatkan teknologi teleconference sehingga peserta dan media tidak perlu hadir di Kementerian Agama," kata Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin.

Seperti tahun-tahun selumnya, sidang isbat akan dibagi dalam tiga sesi yang dimulai pada pukul 17.00 WIB. Sesi pertama adalah pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1441 H oleh tim Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya. Pemaparan akan disiarkan langsung melalui TVRI, live streaming, dan media sosial milik Kementerian Agama. (Baca juga : Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadhan Digelar Kemenag Hari Ini)

Kemudian, sidang isbat Ramadhan 1441 H digelar seusai Magrib atau sekitar pukul 18.20 WIB. Sidang tertutup ini rencananya dihadiri oleh unsur Majelis Ulama Indonesia (MUI), Menteri Agama Fachrul Razi, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, dan Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin. Sidang diawali dengan pembacaan laporan olah Direktur Urusan Agama Islam tentang hasil rukyatul hilal dari seluruh Indonesia. Para tokoh ormas yang diundang, bisa mengikuti dan berdialog dalam proses sidang ini melalui meeting room online yang akan akan dibagikan tautan, ID, dan password-nya.

Setelah selesai, hasil sidang isbat akan diumumkan secara terbuka oleh Menag Fachrul Razi melalui telekonferensi pers yang disiarkan langsung melalui saluran TVRI pada pukul 19.05 WIB.

Bagi jurnalis yang ingin mengikuti sidang isbat dapat melakukan registrasi ke nomor 081315849494 (WA only) dengan mencantumkan nama dan media. Nama dan media ini yang dijadikan nama ID di Zoom (mis. Sani/kemenag.go.id)

"ID Meeting dan Password Zoom diberikan setelah registrasi. Link dibuka 15 menit sebelum dimulai," tulis Humas Kementerian Agama dalam pesan singkat yang disebar ke wartawan.
(nfl)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)