Belegede Ekowisata Milik Eka Santosa Ludes Terbakar, Kerugian Rp2 Miliar

Selasa, 09 Juni 2020 - 19:21 WIB
loading...
Belegede Ekowisata Milik Eka Santosa Ludes Terbakar, Kerugian Rp2 Miliar
Aula Belegede Ekowisata Budaya dan Alam Santosa tinggal puing-puing hangus terbakar. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Bangunan Aula Balegede di Ekowisata Budaya dan Alam Santosa di kawasan Pasir Impun, Kampung Seke Balimbing, Kelurahan Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, ludes terbakar, Selasa (9/6/2020) sekitar pukul 02.30 WIB.

Eka Santosa, tokoh Sunda, sekaligus Duta Sawala atau Sekretaris Jenderal (Sekjen) Baresan Olot Masyarakat Adat (BOMA) Jabar yang merupakan pemilik tempat itu, mengalami kerugian sekitar Rp2 miliar. (BACA JUGA: Pengendara Motor Meninggal di Trotoar Jalan Ottista Bandung, Warga Ketakutan )

Informasi yang diperoleh dari Pusat Pengandalian Operasi (Pusdalops) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Bandung menyebutkan, api mulai berkobar sekitar pukul 02.30 WIB. Namun DPKP Kabupaten Bandung baru menerima informasi sekitar pukul 03.00 WIB.

Petugas DPKP lalu meluncur ke lokasi kejadian dengan mengerahkan 1 Unit Pancar Pos Cileunyi dan 1 Unit Pancar Pos Cicalengka. Upaya pemadaman api baru berhasil dilakukan sekitar 05.00 WIB. (BACA JUGA: Empat Pedagang Positif COVID-19, Pemkot Bandung Tutup Tiga Pasar )

Luas area gedung pertemuan Balegede Ekowisata Budaya dan Alam Santosa yang terbakar itu mencapai 500 meter persegi dengan total nilai aset Rp1,2 miliar. Sedangkan untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Polsek Cimenyan. (BACA JUGA: 10 Positif COVID-19, Wali Kota Bandung Ungkap Tiga Klaster Baru Penularan Corona )

Sementara itu, dalam rilis tertulis, Eka Santosa, mengaku terkejut atas kejadian ini. "Sekitar pukul 03.30 WIB, datang mobil pemadam kebakaran. Namun tak ada barang yang bisa diselamatkan. Semua jadi arang. TBangunan ini hampir 97 persen terdiri dari kayu dan bambu," kata Eka.

Eka mengemukakan, di dalam aula berarsitektur Julangapak tersebut terdapat kursi dan meja khusus yang terdiri dari kayu buhun (lama dan antik) berusia puluhan hingga ratusan tahun. "Nilai historisnya itu bagi kami tak ternilai," ujar mantan Ketua DPRD Jabar ini.

Eka sangat menyesalkan peristiwa itu terjadi. "Baru semalam membincangkan Balegede akan dikunjungi oleh orang nomor satu di Kabupaten Bandung (Bupati Bandung) Kang Dadang Nasser. Gerakan Hejo dan BOMA Jabar akan bekerja sama dengan pemkab Bandung untuk program penghijauan dan perbaikan lingkungan," ujar Eka yang juga Ketua Umum DPP Gerakan Hejo itu.

Manajer Kawasan Ekowisata Budaya dan Alam Santosa Dadan Supardan mengemukakan, pihaknya penyerahkan penyelidikan untuk memastikan penyebab kebakaran itu ke pihak kepolisian. "Diteliti dulu oleh jajaran kepolisian, melibatkan Inafis Polresta Bandung," kata Dadan.

Ais (27) salah satu pegiat di BOMA Jabar mensinyalir kebakaran itu bukan karena kecelakaan seperti hubungan arus pendek listrik dan lainnya. "Ini mah penyebabnya bukan karena hubungan pendek listrik. Namun buat membuktikannya, ya pihak polisi pasti bisa mengungkap," kata Ais.

Sekadar untuk diketahui, Aula Balegede Ekowisata Budaya dan Alam Santosa diresmikan oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan pada 1 Juni 2012 lalu.

Aula ini kerap digunakan sebagai tempat kegiatan seni budaya berskala regional dan nasional. Dalam tiga bulan terakhir, selama wabah COVID-19, Aula Balegede Ekowisata tidak pernah dipakai. Namun dilakukan renovasi.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)