Viral Usaha Jembatan Perahu H Endang di Karawang, Raup Rp25 Juta Sehari

Senin, 27 Desember 2021 - 06:25 WIB
loading...
Viral Usaha Jembatan Perahu H Endang di Karawang, Raup Rp25 Juta Sehari
Sosok H Endang mendadak viral setelah membuka usaha penyeberangan melalui jembatan perahu di Sungai Citarum. Setiap harinya, ribuan kendaraan roda dua menggunakan jasa penyeberangan perahu milik Endang. SINDOnews/Nila
A A A
KARAWANG - Nama H. Endang (69), warga Dusun Rumambe, Desa Anggadita, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, mendadak viral di media sosial.

Sosok H Endang mendadak viral setelah membuka usaha penyeberangan melalui jembatan perahu di Sungai Citarum. Setiap harinya, ribuan kendaraan roda dua menggunakan jasa penyeberangan perahu milik Endang.

Menurut Endang, usaha jasa penyeberangan perahu yang menghubungkan Desa Anggadita dengan Desa Parungmulya menjadi sumber inspirasi bagi dirinya.
Kedua desa tersebut dibelah oleh Sungai Citarum sepanjang 120 meter. Ratusan perusahaan industri berada di kedua desa tersebut. Namun karena dipisahkan oleh sungai Citarum ribuan karyawan industri harus berputar jauh untuk menuju perusahaannya.

"Karyawan pabrik harus mutar jauh untuk ke kantor karena tidak ada jembatan untuk menyeberang. Akhirnya tahun 2010 saya punya ide untuk memulai usaha penyeberangan perahu. Setiap tahun puluhan pabrik berdiri di dua desa itu hingga karyawan yang menggunakan jasa penyeberangan semakin banyak," kata Endang, ditemui MNC Portal Indonesia, Minggu (26/12/21).

Endang mengaku berdasarkan laporan dalam pembukuannya tercatat setiap hari ada 10 ribu lebih kendaraan roda dua yang menggunakan jasa penyeberangannya. Satu kendaraan dipatok harga Rp 2000 untuk sekali menyeberang.

"Satu hari pendapatan kita bisa mencapai Rp25 juta. Kita sempat kewalahan karena banyaknya pengendara motor minta diseberangkan. Makanya kita salalu menambah karyawan biar tidak kewalahan. Sekarang saja karyawan sudah mencapai 40 orang," katanya. Baca: Bentrok 2 Kelompok Genk Motor Pecah di Deliserdang, 1 Tewas 5 Luka-luka.

Menurut Endang, usaha penyeberangan miliknya ini memanfaatkan warga sekitar untuk membantu dirinya. Bahkan karena banyak pengendara motor yang menggunakan jasa penyeberangan ini, secara tidak langsung juga membantu ekonomi masyarakat sekitar.

"Sekarang sudah banyak pedagang makanan ikut berjualan. Gak apa-apa biar ekonomi masyarakat di sini bisa juga ikut berkembang," katanya. Baca Juga: Deretan Selebgram Cantik Pamer Aurat Berujung Bui, Nomer 3 Paling Bikin Gempar.

Sebagai wujud terima kasih karena usahanya berkembang pesat, dia sering membantu masyarakat sekitar dengan memberikan sembako. Bahkan dia juga memberangkatkan umrah pengurus masjid dan marbot di desanya. "Berbagi dengan sesama sebagai bentuk terima kasih saya," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5151 seconds (0.1#10.140)