Soal Konvensi Partai Perindo, Pakar Unpad Sebut Positif untuk Pendidikan Politik Rakyat

Rabu, 22 Desember 2021 - 16:17 WIB
loading...
Soal Konvensi Partai Perindo, Pakar Unpad Sebut Positif untuk Pendidikan Politik Rakyat
Pengamat Politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Mudiyati Rahmatunnisa.Foto/ist
A A A
BANDUNG - Pengamat Politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Mudiyati Rahmatunnisa mengatakan, proses konvensi rakyat yang saat ini sedang dilakukan oleh Partai Perindo adalah bentuk pendidikan politik yang baru dan sangat baik. Proses itu dinilai memberi kebebasan kepada siapapun untuk terjun ke dunia politik.

"Konvensi Partai Perindo ini memberikan good praktic terkait penjaringan kader untuk dicalonkan menjadi calon anggota legislatif. Ini langkah baik, ada value positif dan partisipasi yang inklusi," jelas Mudiyati, Rabu (22/12/2021).

Baca juga: Perlu Langkah Serius, 6,5 Juta Anak Indonesia Alami Stunting

Menurut dia, melalui mekanisme konvensi Partai Perindo, siapa saja bisa mendaftar jika memenuhi kualifikasi awal. Apalagi pada proses ini juga berlaku bagi kalangan internal atau kader Perindo. Artinya, semua orang punya kesempatan yang sama.

Menurut dia, hal Ini adalah kebiasaan baru di Indonesia. Apalagi, pada pelaksanaanya mengawinkan penggunaan teknologi dan politik. Dari proses itu ada e voting yang akan melihat berapa konstituennya. "Mungkin dari jumlah pendukungnya itu akan menentukan nomor urut. Jadi itu clear mekanismenya," ujar dia.

Konvensi Partai Perindo juga proses yang baik untuk dicontoh Partai kecil atau besar lainnya. Selama ini, proses rekrutmen kader dan caleg Partai politik di Indonesia juga cenderung tertutup.

Baca juga: Dramatis! Detik-detik Bus Sarat Muatan Nyaris Tertabrak Kereta, Penumpang Panik Berhamburan

"Kita lihat selama ini bahwa proses rekruitmen baik partai besar atau kecil seperti black box, misterius. Tiba tiba ada calegnya, kita tidak tahu bagaimana mekanismenya. Partai cendrung sangat tertutup," beber dia.

Kendati begitu, proses yang saat ini sedang dilakukan Perindo mestinya disosialisasikan secara masif kepada masyarakat. "Ini juga model pendidikan politik untuk rakyat, bahwa keterlibatan politik mereka ya seperti ini. Jadi masyarakat bisa melihat ada tokoh mereka dengan track recordnya. Jadi perlu sosialisasi secara masif," imbuh dia.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)