BKIPM Salurkan Bantuan kepada Korban Erupsi Gunung Semeru

Selasa, 21 Desember 2021 - 18:13 WIB
loading...
BKIPM Salurkan Bantuan kepada Korban Erupsi Gunung Semeru
KKP melalui BKIPM yang dikoordinir Balai KIPM Surabaya I dan Balai KIPM Surabaya II menyalurkan bantuan paket pangan, Senin (21/12/2021). (Ist)
A A A
JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) yang dikoordinir Balai KIPM Surabaya I dan Balai KIPM Surabaya II menyalurkan bantuan paket pangan, Senin (21/12/2021).

Selain paket pangan, terdapat juga kebutuhan lainnya, yang semuanya itu dihimpun dari sejumlah kalangan guna membantu meringankan beban masyarakat yang menjadi korban bencana alam erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

"Bantuan sudah diserahkan kepada Ibu Wakil Bupati di Graha Nararya Kirana, Kabupaten Lumajang berupa Paket Sembako, Paket Perlengkapan Harian, Paket Hygiene Kit, dan Paket Perlengkapan Sandang," ungkap Kepala BKIPM, DR. Rina dalam keterangan tertulisnya, Senin.

Paket sembako itu sendiri berisikan 9.700 ikan kaleng, 385 kg beras, 10 karton krupuk ikan, 11 pack susu kotak, 23 dus mi instan, 15 dus produk olahan ikan, 2 dus susu Milo, 6 dus minyak goreng, 3 dus snack, 3 dus air mineral dan 1 dus vitamin.

Sedangkan paket perlengkapan harian terdapat 50 paket perlengkapan mandi, 1 dus sabun cuci piring, 1 dus sabun deterjen, 1 dus sabun colek, 3 pack pembalut dan 4 dus popok bayi.

Bantuan dari BKIPM itu merupakan wujud perhatian terhadap korban bencana alam dengan memberikan bantuan yang dibutuhkan pengungsi.

Penyerahan bantuan tersebut diserahkan secara simbolis dari DR. Rina kepada Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati Masdar; Wakil Ketua DPRD Prov Jatim, Anwar Sadat; Kepala Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Lumajang, dan perwakilan masyarakat korban erupsi Gunung Semeru, untuk kemudian diserahkan ke Posko Pengungsian di SMP Negeri 2 Pasirian.

Dr. Rina menyampaikan bantuan BKIPM itu sebagai bentuk turut berduka, dan berbelasungkawa atas bencana erupsi Gunung Semeru yang menimpa masyarakat di Lumajang. Baca: Curi Kembang Api Senilai Rp45 Juta, 2 Pria Residivis di Manado Ditangkap.

Dia berharap masyarakat yang terdampak bencana alam itu bisa kembali sehat dan segera bangkit melakukan aktivitas seperti biasa.

"Diperlukan kerja sama yang baik guna mengoptimalkan penyerahan bantuan sehingga dapat tersebar merata ke seluruh wilayah terdampak," lanjutnya.

Sementara itu, Indah Amperawati Masdar mengungkapkan bahwa dirinya sangat berterima kasih atas kepedulian dari BKIPM kepada masyarakat Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Baca Juga: Malam Pergantian Tahun, Jembatan Ampera Ditutup.

"Memang untuk saat ini masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru membutuhkan uluran tangan dan dorongan motivasi dari berbagai pihak," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Rina bersama tim dari Balai KIPM Surabaya I dan II mengunjungi ruang pengungsian yang ditempati oleh masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru di SMP Negeri 2 Pasirian.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)