Pemda DIY Didesak Segera Selesaikan SOP New Normal

Selasa, 09 Juni 2020 - 09:42 WIB
loading...
Pemda DIY Didesak Segera Selesaikan SOP New Normal
Ketua DPRD DIY Nuryadi. FOTO : IST
A A A
YOGYAKARTA - Pemerintah Daerah (Pemda) DIY didesak segera menyelesaikan Standar Operasional prosedur ( SOP ) new normal untuk seluruh sektor. SOP new normal ini penting untuk merespon efuoria masyarakat yang sudah banyak beraktivitas di luar rumah.

Ketua DPRD DIY Nuryadi dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Selasa (9/6/2020) menegaskan pihaknya mendorong eksekutif untuk segera menyelesaian SOP seluruh sektor agar bisa dipedomani seluruh pemangku kepentingan di DIY.

“Ini merespon euforia warga DIY pada hari Sabtu (6/6/2020) dan Minggu (7/6/2020) dimana kawasan Malioboro, Tugu dan Titik Nol dipenuhi ribuan pesepeda yang tidak mengindahkan protokol kesehatan, banyak yang tidak mengenakan masker dan banyak kerumunan yang rawan menjadi tempat penyebaran virus corona,” terangnya.(Baca juga : Sultan Menyapa : Menimbang New Normal, Pulihkan Ekonomi )

Nuryadi mengatakan dirinya melihat video di medsos mengenai aktivitas warga DIY dalam menyambut new normal di seumlah titik di Yogyakarta seperti di Titik Nol, Tugu dan Malioboro. Warga terlihat berkerumun dalam jumlah yang banyak. Menurut Nuryadi ini terkesan kebablasan karena seolah menganggap virus corona sudah tidak ada.“Ini berbahaya bisa menjadi pusat penyebaran COVID-19," ujarnya.

Ketua DPD PDI Perjuangan DIY ini menyebut DIY masih dalam masa tanggap darurat hingga akhir Juni 2020. Untuk itu dirinya berharap masyarakat DIY sadar dan tertib menjalankan protap kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Di antaranya kalau keluar rumah pakai masker, selalu cuci tangan pakai sabun, bawa handsanitazer, jaga jarak hindari kerumuman dan lain sebagainya.

“Meski dalam beberapa hari di DIY tidak ada penambahan pasien positif Corona, namun kami meminta warga masyarakat jangan sampai lengah. Taati protokol kesehatan,” terangnya. (Baca juga : Di Masa Tanggap Darurat, Pelanggar Protokol Kesehatan Tak Bisa Diproses Hukum )

“Sekali lagi kami menegaskan SOP new normal ini sangat dibutuhkan. Kami mendesak ekesekutif segera menyelesaikannya sebagai panduan. Selain itu yang dibutuhkan berikutnya adalah sosialisasi, edukasi dan contoh dari para pemimpin,” pungkasnya.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)