Lestarikan Budaya Sulsel Lewat Cerita Rakyat hingga Pertunjukan Kecapi

Sabtu, 18 Desember 2021 - 22:11 WIB
loading...
Lestarikan Budaya Sulsel Lewat Cerita Rakyat hingga Pertunjukan Kecapi
KBA SMPN 5 Makassar menggelar ramah tamah sekaligus festival budaya di Hotel Claro dalam rangka melestarikan budaya. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Keluarga Besar Alumni (KBA) SMPN 5 Makassar ikut berkontribusi dalam melestarikan budaya Sulsel. Dalam acara Ramah Tamah dan Festival Budaya yang dilakukan di Hotel Claro Makassar, Sabtu (18/12/2021), pihak alumni menampilkan pertunjukan budaya.

Berbagai penampilan budaya disuguhkan. Mulai dari tarian daerah kolosal, tarian modern, cerita rakyat, hingga pertunjukan kacaping atau kecapi. Pertunjukan tersebut dibawakan langsung oleh pengurus dan anggota KBA SMPN 5 Makassar .



Ketua Panita Temu Nasional, Muh Burhanuddin, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian Temu Nasional KBA yang digelar mulai Kamis-Minggu (16-19/12/2021).

Malam ramah tamah ini salah satu bentuk untuk memelihara budaya-budaya Sulsel. Sekaligus merawat hubungan antar alumni SMPN 5 Makassar. Apalagi temu nasional ini baru kali pertama dilakukan.

"Seluruh alumni mulai dari angkatan 1974 berpartisipasi dalam acara ini, mereka juga memeriahkan lomba-lomba yang diadakan panitia," ucap Muh Burhanuddin, Sabtu (18/12/2021).

Kompetisi tersebut antara lain lomba menari yang diikuti sembilan angkatan, lomba menyanyi 18 angkatan, lomba fashion show sembilan angkatan, parodi, dan kecapi masing-masing diikuti oleh dua angkatan. "Mereka dinilai oleh juru yang kapabel," tuturnya.

Selain penampilan bertema seni dan budaya , para alumni yang datang ke acara ini juga diwajibkan memakai pakaian adat. "Ada yang pakai baju adat Bugis Makassar , Mandar, Toraja, konsepnya berbasis kearifan lokal," tuturnya.

Ia mengimbuhkan Minggu (19/12/2021), acara temu nasional masih berlangsung dengan agenda family ghatering di Pantai Akkarena, Jl Metro Tanjung Bunga.

Sebelumnya, KBA SMPN 5 Makassar juga telah menggelar seminar nasional bertajuk Makassar Recovery Toward The World City. Acara ini dihadiri sekira 350 peserta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3020 seconds (0.1#10.140)