5 Peneliti Muda Dapat Penghargaan Merck Young Scientist Award

Selasa, 14 Desember 2021 - 00:54 WIB
loading...
5 Peneliti Muda Dapat Penghargaan Merck Young Scientist Award
Lima peneliti muda berhasil meraih Merck Young Scientist Award 2021. Foto ist
A A A
BOGOR - Lima peneliti muda berhasil meraih Merck Young Scientist Award 2021. Penghargaan ini diharapkan bisa mendorong upaya Indonesia dalam memajukan inovasi riset life science yang dapat bermanfaat bagi peningkatan kesehatan masyarakat.

Christopher Thomas, Presiden Direktur PT Merck Chemicals and Life Science mengatakan, penghargaan diberikan untuk mengapresiasi ilmuwan muda yang telah melakukan penelitian di Indonesia.Tahun ini, lanjut dia, Merck menerima 120 proposal riset dalam tiga kategori yang berbeda: biologi, kimia, dan studi COVID-19.

“Banyaknya jumlah proposal yang kami terima menunjukkan tingginya minat peserta dalam mendorong riset life science di Indonesia, salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di Asia,” kata Christopher saat menyampaikan pengumuman pemenang penghargaan, Minggu (12/12/2021)

Kelima peneliti muda itu, adalah Ahanasia Amanda Septevani, sebagai pemenang pertama dengan risetnya berjudul 'Advancement of Green Biorefinery: Lignin Derived from Biomass Black Liquor Sludge towards Eco-Friendly and High-Performance of Flame Retardant'.

Pietradewi Hartrianti, sebagai pemenang kedua dengan risetnya berjudul 'Self-Healing Properties of Keratin Composite Hydrogels and Their Prospect as Bio-ink for 3D-Printed Organoid Model'.

Andri Hardiansyah, sebagai pemenang ketiga dengan risetnya berjudul 'Facile and Green Synthesis of Hydrogels of Graphene/Polymer for Tissue Engineering and Drug Delivery Applications: Evaluation of Chemical Interaction, Structure, Cellular In Vitro Study and Response to The External Stimuli'.

Febri Wulandari, sebagai pemenang keempat dengan risetnya berjudul 'Estimating The Anti-Proliferative Effects of A New Monocarbonyl Curcumin Analog with Fluor Substituent, FCCA-1, in Combination with Doxorubicin'.

Yesiska Kristina Hartanti, pemenang kelima dengan riset berjudul 'Lumbricus rubellus Protein Fraction DLBS1033N Prevents High Glucose-Induced Schwann Cell Cytotoxicity: The Role of Cell Viability, Apoptosis, and Differentiation in An In Vitro Model for Diabetic Neuropathy'.

Dr Ratih Asmana Ningrum, Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan, proses seleksi dilakukan secara ketat. Panel juri memberikan penilaian berdasarkan tiga aspek peneliatan, yaitu proses dan pelaksanaan riset, kreativitas dan originalitas riset, dan juga kemampuan riset dalam mengingkatkan kesehatan masyarakat dan mendorong perkembangan sektor life science.

"Kami senang melihat antusiasme dari para peneliti muda yang telah mengirimkan proposal riset mereka dan berkontribusi dalam mendorong pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia, khususnya di bidang life science,” kata Ratih Asmana Ningrum, yang juga Ketua Panel Juri untuk Merck Young Scientist Award.

Diketahui, Merck Young Scientist Award merupakan program yang diluncurkan pada tahun 2018 untuk mengapresiasi berbagai riset life science yang telah dilakukan di Indonesia dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran terhadap peran penelitian life science yang mampu menghadirkan berbagai solusi kesehatan. Merck Young Scientist Award merupakan program yang dapat diikuti oleh para mahasiswa dan ilmuwan muda maupun profesional yang bekerja di lembaga penelitian negara, swasta, ataupun rumah sakit.

(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2158 seconds (0.1#10.140)