Cegah Pembakaran Lahan Gambut, Warga di Tapin Kalsel Dapat Bantuan BRGM

Kamis, 09 Desember 2021 - 20:43 WIB
loading...
Cegah Pembakaran Lahan Gambut, Warga di Tapin Kalsel Dapat Bantuan BRGM
Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) memberikan bantuan kandang ayam ke masyarakat Desa Tatakan, Tapin Selatan, Tapin, Kalsel. Foto/Ist
A A A
TAPIN - Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) memberikan bantuan ekonomi ke masyarakat di Desa Tatakan, Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) yang tinggal di sekitar lahan gambut.

Dengan bantuan melalui Program Revitalisasi Mata Pencaharian Masyarakat ini diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan lahan gambut yang ramah lingkungan tanpa harus membakarnya.



Di antaranya dengan bantuan usaha pengadaan kandang budidaya ayam potong. Bantuan senilai Rp100 juta tersebut diberikan kepada Kelompok Masyarakat (Pokmas) Galam Bersatu di Desa Tatakan.

“Bantuan itu kami gunakan untuk membuat kandang ayam berukuran 8x40 meter. Kami juga sebenarnya bisa memilih, apakah akan ternak itik, ayam atau yang lainnya, namun kami memilih untuk beternak ayam broiler, dengan cara bermitra dengan perusahaan,“ ujar Ketua Pokmas Galam Bersatu, Ulu Nurdin, Kamis (9/12/2021).

Menurut Nurdin, kegiatan Revitalisasi Mata Pencaharian Masyarakat dari BRGM ini merupakan yang kedua kalinya. Bantuan pertama pada 2019, senilai Rp100 juta untuk pembuatan kandang ayam yang mampu menampung 3.000 ekor ayam. “Bantuan kedua ini diberikan BGRM karena kami telah berhasil mengelola bantuan pertama dan dikelola secara berkelanjutan” ungkapnya.

Pihaknya menyebut, ayam broiler sudah bisa panen di usia 32 hari. Dalam sekali panen, kelompoknya bisa mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp10 juta.

“Jadi hasilnya nanti, pertama disisihkan untuk uang kas, anggota yang ikut memelihara ini kan sekitar 4 orang, nah masing-masing bisa mendapatkan upah Rp2 juta dalam sekali panen,” ujar Nurdin.



“Bantuan peternakan ini sangat bermanfaat bagi saya maupun anggota lain karena bisa meningkatkan ekonomi kami dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama ditengah pandemi. Jika bantuan masih terus ada kami sangat senang, karena lahan untuk peternakan di sini juga masih ada,” sambungnya.

Bantuan ekonomi di Desa Tatakan ini merupakan satu dari 12 bantuan ekonomi yang diberikan BRGM pada tahun 2021 di Kalsel. Selain bantuan ekonomi, Desa Tatakan sebelumnya juga telah mendapat bantuan 16 unit sekat kanal.



Sekat kanal ini diharapkan dapat menahan dan menaikan tinggi muka air di lahan gambut agar tetap basah, meskipun di musim kemarau. Bantuan ini diharapkan juga dapat berkontribusi pada upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, terutama gambut
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4074 seconds (0.1#10.140)