Viral Robohnya Tiang Pancang Kereta Cepat, Lokasinya Ada di Dalam Hutan

Kamis, 09 Desember 2021 - 14:27 WIB
loading...
Viral Robohnya Tiang Pancang Kereta Cepat, Lokasinya Ada di Dalam Hutan
Lokasi robohnya pilar kereta cepat sulit dilalui karena berada di hutan Karawang. Foto/SINDOnews/Nilakusuma
A A A
KARAWANG - Tiang pancang atau pier pembangunan jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) jatuh dan menghantam eskavator, videonya viral di media sosial. Lokasi robohnya pier itu di DK 46, Desa Margamulya, Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang.

Baca juga: Heboh Video Pembongkaran Tiang Pancang Kereta Cepat, Bos PT KCIC Geram

Untuk menuju lokasi sulit ditempuh, karena hujan penuh lumpur tebal dan berada di kawasan hutan Perhutani. Berdasarkan pemantauan, proyek strategis nasional ini untuk menuju lokasi kejadian robohnya pier di DK 46 tersebut tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua atau roda empat saat habis hujan.



Puluhan wartawan yang mencoba melakukan peliputan tidak berhasil masuk ke lokasi. Akhirnya wartawan menuju kantor kontraktor pelaksana. Namun setelah ditunggu berjam-jam pihak kontraktor menolak berkomentar. Wartawan hanya dilayani oleh aparat Koramil setempat yang menjelaskan jika manajemen tidak bisa diwawancara.

Baca juga: Ibu Cantik Bawa 2 Kg Sabu Diringkus Polisi saat Naik Travel



Sementara itu ketika dihubungi Corporate Secretary Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC), Mirza Soraya, menjelaskan melalui keterangan tertulis menyebutkan Tim Quality PT KCIC, dan Konsultan Supervisi CDJO menemukan pergeseran alignment pekerjaan pier di DK46, dan menginstruksikan kontraktor melakukan rework, serta membongkarnya untuk dibangun kembali sesuai spesifikasi teknis yang sudah ditetapkankan.

SOP Engineering terkait dengan pembongkaran pier untuk rework sudah ditetapkan termasuk aspek keselamatan kontruksinya, namun berdasarkan hasil investigasi yang sudah dilakukan oleh KCIC didapatkan bahwa kontraktor melanggar SOP tersebut sehingga timbul kejadian seperti yang ada didalam video.

Baca juga: Santai dari Kamar Vila di Bali Cewek Ukraina Raup Miliaran Rupiah, Kok Bisa?

"Pasca kejadian pembongkaran pier di DK46, Teluk Jambe, yang dilakukan tanpa SOP Kontruksi yang benar sehingga menimpa eskavator Minggu (5/12/2021)," kata Mirza Soraya melalui rilis yang diterima.

"Pihak KCIC langsung memanggil kontraktor dan memberikan teguran agar semua pekerjaan dilakukan dengan SOP yang sudah ditetapkan oleh Tim Engineering dan SSHE sehingga kejadian serupa tidak terulang lagi," katanya.
(eyt)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1696 seconds (10.101#12.26)