Cuaca Buruk, Harga Cabai dan Sayuran di Brebes Melonjak 100 Persen

Kamis, 09 Desember 2021 - 08:27 WIB
loading...
Cuaca Buruk, Harga Cabai dan Sayuran di Brebes Melonjak 100 Persen
Harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melonjak hingga 100 persen. Foto/iNews TV/Yunibar
A A A
BREBES - Cuaca buruk yang terjadi di hampir seluruh wilayah, membuat harga sejumlah komoditas pertanian di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terus mengalami kenaikan tajam.



Kenaikan harga tertinggi pada Kamis (9/12/021) pagi, terjadi pada komoditas cabai rawit merah dan cabai merah yang mencapai 100 persen. Pedagang cabai Harsono, harga cabai rawit merah sebelumnya Rp30 ribu per kg, naik menjadi Rp60 ribu per kg. Sementara harga cabai merah besar dari Rp20 ribu per kg, menjadi Rp4 ribu per kg.



"Melonjaknya harga cabai rawit merah dan cabai merah besar tersebut, terjadi karena persediaan kedua jenis cabai itu sudah menipis. Sementara permintaan jelang Natal dan Tahun Baru meningkat," ungkapnya.



Pedagang sayur, Soimah menyebutkan selain harga cabai, sejumlah komoditas lainnya seperti jengkol, tomat dan bawang merah juga mengalami kenaikan. Harga jengkol mengalami kenaikan Rp3 ribu per kg menjadi Rp20 ribu per kg. Bawang merah sebelumnya Rp12 ribu per kg, menjadi Rp15 ribu per kg. Sedangkan tomat sebelumnya hanya Rp3 ribu per kg, kini menjadi Rp5 ribu per kg.



Tidak hanya harga cabai dan sayur-mayur yang mengalami kenaikan. Harga daging ayam potong juga naik dari sebelumnya Rp31 ribu per kg, menjadi Rp35 ribu per kg. Para pedagang memperkirakan, harga kebutuhan pokok akan terus mengalami kenaikan hingga Natal dan Tahun Baru.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2304 seconds (0.1#10.140)