Cerita Mistis Gunung Semeru dan Awal Mula Ranu Kumbolo hingga Dewi Cantik Berkebaya Kuning

Rabu, 08 Desember 2021 - 05:02 WIB
loading...
Cerita Mistis Gunung Semeru dan Awal Mula Ranu Kumbolo hingga Dewi Cantik Berkebaya Kuning
Gunung Semeru menampakkan keindahannya dari jauh, di balik keindahannya itu gunung berapi ini menyimpan banyak cerita mistis. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
KEINDAHAN Gunung Semeru yang menjulang tinggi di Jawa Timur , tepatnya di Kabupaten Lumajang dan Malang, selalu membuat takjub mata yang memandangnya. Itu juga yang memikat hati orang untuk mendakinya hingga ke puncak.

Namun di balik keindahannya, Gunung Semeru menyimpan banyak cerita mistis yang hingga kini dipercaya masyarakat sekitar bahkan juga dialami para pendaki.

Pada ketinggian ketinggian 2.389 mdpl Gunung Semeru terdapat danau indah yang dikenal dengan sebutan Ranu Kumbolo, di danau ini konon dihuni sosok dewi cantik berkebaya kuning yang dipercaya sebagai penjaga danau.

Cerita Mistis Gunung Semeru dan Awal Mula Ranu Kumbolo hingga Dewi Cantik Berkebaya Kuning

Baca juga: Kisah Gunung Semeru, Pasak untuk Pulau Jawa Dihuni Keturunan Asli Majapahit

Menurut cerita rakyat, awal mula Ranu Kumbolo berawal dari kisah sepasang suami istri yang hidup di kawasan tersebut. Sang istri kala itu sedang mengandung. Ia sangat ingin memakan ikan.

Suaminya pun pergi ke sungai. Setelah beberapa saat memancing, dia mendapatkan ikan mas yang cukup besar. Ajaibnya, ikan mas tersebut dapat berbicara, “Tuan, Aku ini ikan ajaib, maukah kau merawatku?” kata sang ikan.



Sang suamipun menyanggupinya, dia disembunyikan di dalam gentong air. Ketika sang suami pergi ke pasar, istrinya pergi ke dapur untuk mengambil air minum. Saat sang istri membuka gentong itu, dia menemukan ikan mas tersebut. Karena lapar ia langsung memasak ikan mas itu dan memakannya dengan lahap. “Hem… hem… hem… enak sekali ikan ini”, sahut sang istri.

Saat sang suami kembali dia terkejut karena ikannya tinggal kepala dan tulangnya di atas piring. Seketika dia marah besar kepada istrinya, dan akhirnya menceritakan semua yang dialaminya bersama sang ikan, sang istri pun sangat menyesal dan berkali-kali mohon ampun.

Pada malam harinya, sang suami bertemu dengan ikan mas itu dan mengatakan anaknya akan lahir tetapi memiliki sisik di tubuhnya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2479 seconds (11.210#12.26)