Cegah Penjarahan Barang Milik Korban Erupsi Gunung Semeru, Polda Jatim Rutin Patroli

Selasa, 07 Desember 2021 - 23:27 WIB
loading...
Cegah Penjarahan Barang Milik Korban Erupsi Gunung Semeru, Polda Jatim Rutin Patroli
Jajaran Polda Jatim rutin melakukan patroli di kawasan pemukiman yang terdampak erupsi Gunung Semeru untuk mencegah terjadinya penjarahan milik korban. Foto: SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
LUMAJANG - Jajaran Polda Jawa Timur (Jatim) terus melakukan patroli rutin ke rumah-rumah korban erupsi Gunung Semeru demi mengantisipasi penjarahan barang milik korban.

Saat ini, Dit Samapta Polda Jatim bersama tokoh masyarakat maupun perangkat desa berada di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru untuk membantu melakukan identifikasi masyarakat penduduk asli maupun pendatang.



“Upaya ini untuk mengantisipasi adanya orang luar untuk tidak memanfaatkan musibah yang sedang terjadi. Namun sampai saat ini tidak ada laporan adanya barang hilang maupun sebagainya," kata Kasubdit Gasum Ditsamapta Polda Jatim, AKBP David, Selasa (7/12/2021).

David menambahkan, pada hari pertama pihaknya melakukan penyekatan di jalur evakuasi. Pada hari pertama, ada 12 jenazah yang berhasil di evakuasi, namun masih ada beberapa warga di area terdampak yang belum ditemukan.

“Kami masih terus melakukan pencarian dan penyelamatan serta pertolongan dan bantuan kepada masyarakat. Untuk mengevakuasi barang berharga milik warga maupun hewan peliharaan," tambahnya.



Sementara untuk kondisi di hari ketiga, Selasa (7/12/2021) sebagian besar warga terdampak sudah mengevakuasi barang miliknya dan hewan ternak.

"Hambatan kami pertama yaitu medan menuju tempat pertolongan warga, karena jalan berlumpur, terlebih banyak warga yang lalu lalang," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu warga terdampak Erupsi Gunung Semeru Sayidi mengungkapkan bahwa adanya peristiwa ini tidak ada barang berharga atau hewan ternak yang hilang. “Ini karena adanya patroli rutin yang dilakukan oleh kepolisian,” kata warga.



Selain melalukan patroli rutin, warga terdampak Erupsi Gunung Semeru ini juga merasa terbantu dengan pihak kepolisian yang membantu melakukan evakuasi kepada warga.

"Saya ucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh pihak kepolisian yang telah membantu melakukan evakuasi terhadap barang - barang milik warga terdampak," tukasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1996 seconds (0.1#10.140)