Dihantam Puting Beliung, Ratusan Rumah di Bangka Selatan Rusak Parah

Rabu, 08 Desember 2021 - 00:17 WIB
loading...
Dihantam Puting Beliung, Ratusan Rumah di Bangka Selatan Rusak Parah
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mencatat ada 150 rumah warga di Kabupaten Bangka Selatan, rusak parah dihantam puting beliung. MPI/Haryanto
A A A
PANGKALPINANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mencatat ada 150 rumah warga di Kabupaten Bangka Selatan, rusak parah dihantam puting beliung . Peristiwa tersebut terjadi akibat dampak fenomena La Nina.

BPBD Babel, langsung menanggapi bencana alam yang terjadi di Desa Bencah, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (7/12/2021).

"Musibah ini terjadi di 150 unit rumah warga di 2 RW setempat dan kami sudah mengirimkan 130 lembar terpal, sedangkan lainnya dari BPBD Bangka Selatan," kata Kepala BPBD Babel Mirkon Antariksa.

Menurutnya, petugas dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD saat ini sudah ke lokasi kejadian untuk memberikan bantuan berupa terpal, supaya barang-barang berharga milik warga tidak rusak jika terkena hujan.

"Angin puting beliung ini, selain terjadi di Desa Bencah juga terjadi di Belitung Timur (Beltim) merusak satu unit rumah warga," ujarnya.

Tidak hanya itu, Mikron mengungkapkan selain angin puting beliung, banjir dan air pasang atau rob juga terjadi di sejumlah wilayah di Babel seperti Pangkalpinang, Bangka Tengah (Bateng) dan Belitung.

Akibat banjir ini, di Pangkalpinang merendam sebanyak 464 unit rumah, diantaranya di Kelurahan Opas Indah sebanyak 144 unit rumah, di Kampung Seberang sebanyak 150 unit rumah, di Kelurahan Rejosari sebanyak 60 unit rumah, di Kelurahan Pasir Putih sekitar 110 unit rumah.

Sedangkan di Kabupaten Bangka banjir memggenangi sebanyak 358 unit rumah diantaranya di Lingkungan Air Hanyut sebanyak 30 unit rumah, Lingkungan Kampung Pasir sebanyak 25 unit rumah, di Lingkungan Cokro sebanyak 23 unit rumah, Lingkungan Nelayan 1 sebanyak 143 unit rumah, Lingkungan Nelayan 2 sebanyak 95 unit rumah dan di Lingkungan Parit Pekir sebanyak 42 unit rumah, di Kampung Pasir sebanyak 25 unit rumah. Baca: 8 Korban Tewas Letusan Gunung Semeru Kembali Ditemukan, Total Sudah 34 Orang.

"Di Belitung banjir menggenangi sebanyak 10 unit tepatnya di Sijuk. Kemudian di Batu Belubang Bangka Tengah (Bateng) ada sekitar 30 unit dan di Bangka Barat (Babar) di daerah Tanjung itu ada sekitar 40 unit rumah," tuturnya.

Guna menindaklanjuti hal itu, pihaknya kata Mirkon, sudah berkoordinasi dengan BPBD daerah setempat. "Seluruh BPBD kami imbau untuk terus berjaga-jaga melihat kondisi cuaca saat ini hujan dan air pasang masih tinggi," ucapnya. Baca Juga: Direktur RSUD Kaimana Ancam Tutup Rumah Sakit Jika Pelaku Perusakan Tak Ditangkap.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)