Program Cantelan Ini Bantu Warga Terdampak Corona

Senin, 08 Juni 2020 - 08:52 WIB
loading...
Program Cantelan Ini Bantu Warga Terdampak Corona
Program cantelan RW 05 Blunyahrejo, Karangwaru, Tegalrejo, Yogyakarta. Program ini membantu warga terdampak Corona. FOTO : IST
A A A
YOGYAKARTA - Apa yang dilakukan oleh warga RW 05 Blunyahrejo, Karangwaru, Tegalrejo, Yogyakarta ini patut dicontoh. Mereka bergotong-royong membantu warga Pandemi terdampak Corona (COVID-19) melalui program cantelan.

Program cantelan adalah program bantuan sayuran yang ditaruh di halaman rumah warga. Sayuran yang sudah dikemas dalam plastik kemudian “dicantelkan” di pagar rumah warga atau tempat yang sudah ditentukan.

“Warga yang membutuhkan sayuran untuk masak setiap harinya tinggal mengambil tanpa dipungut biaya alias gratis,” terang Ketua RW, Drs Hj Sunarti MPd dalam siaran pers yangditerima SINDOnews, Senin (8/6/2020).

Selain program cantelan ini, RW 05 secara bertahap juga membagikan paket sembako. Dana yang digunakan untuk program cantelan dan pembagian sembako tersebut berasal dari gotong royong dan para donatur warga RW 05. Antusias warga yang ingin berpartisipasi dalam program ini luar biasa. “Tahap pertama pengumpulan dana dari para donatur terkumpul 15 juta rupiah lebih,” tambahnya.

Pembagian paket sembako sendiri sudah dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan tanggal 7 mei 2020 yang membagikan 210 paket sembako. Kemudian tahap kedua dilakukan pada Minggu (7/6/2020) dengan membagikan 220 paket sembako.

Menurut Sunarti, di RW 05 Blunyahrejo ada lima RT. Dari jumlah tersebut ada tiga RT yang warganya banyak terdampak COVID-19. Warga RT yang lain membantu warga terdampak. "Inilah subsidi silang, saling membantu. Bantuan tidak harus banyak namun yang terpenting semua bisa saling membantu dan saling memperhatikan. Alhamdulillah masih banyak warga yang berpartisipasi sehingga program ini bisa berjalan,” terangnya.

Sementara itu, Sugianto Saputro selaku penasihat RW menyampaikan apresiasi atas program ini. Program bantuan sosial semacam ini harus didukung sepenuhnya dan terus digulirkan untuk membantu sesama.(Baca juga : Sultan Menyapa: Dengan Modal Sosial, Bangun Tatanan Baru )
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8999 seconds (0.1#10.140)