Panik Angin Kencang dan Bencana Susulan Gunung Semeru, Warga Berbondong-bondong Tinggalkan Rumah

Minggu, 05 Desember 2021 - 13:40 WIB
loading...
Panik Angin Kencang dan Bencana Susulan Gunung Semeru, Warga Berbondong-bondong Tinggalkan Rumah
Semburan abu vulkanik Gunung Semeru disertai angin kencang membuat warga Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang panik. iNews TV/Saif
A A A
LUMAJANG - Semburan abu vulkanik Gunung Semeru disertai angin kencang membuat warga Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang panik. Mereka pun was-was dengan bencana susulan.

Warga berhamburan turun gunung dari Dusun Umbulan, Sumbersari dan Dusun Kamara Desa Supiturang Kecamatan Prowojino, Kabupaten Lumajang menggunakan kendaraan. Abu vulkanik membuat pandangan terganggu dan dipenuhi kabut berdebu.

Salah seorang warga dari Dusun Umbulan, Ahmad Yasin mengatakan, semua warga yang dusunnya terdampak langsung menuju ke titik pengungsian yang tersedia. "Beberapa rumah di Dusun Umbulan dan Sumbersari ada yang roboh," ujar Yasin, Minggu (5/12/2021). Baca: Baca Juga: Tak Ada Peringatan Dini, Ahli ITB Jelaskan Penyebab Erupsi Gunung Semeru.


Selain menyelamatkan diri dengan kendaraannya, ada juga beberapa warga yang mengevakuasi hewan ternak. Petugas beberapa kali meneriaki warga dan menghimbau untuk turun ke pengungsian lantaran adanya lahar dingin. Baca Juga: Letusan Gunung Semeru, Jayabaya dan Ramalan Terbelahnya Pulau Jawa.

(nag)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2241 seconds (10.101#12.26)