Gunung Semeru Erupsi, Khofifah Imbau Masyarakat Lakukan Evakuasi

Sabtu, 04 Desember 2021 - 20:09 WIB
loading...
Gunung Semeru Erupsi, Khofifah Imbau Masyarakat Lakukan Evakuasi
Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat meninjau kawasan Gunung Semeru di Lumajang beberapa waktu lalu.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa lewat akun Instagram pribadinya @khofifah.ip mengunggah video kepanikan warga yang berlarian di tengah semburan abu vulkanik Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

"Video serupa saya terima dari Bupati Lumajang, BPBD dan masyarakat sekitar. Saat ini sedang terjadi peningkatan aktivitas gunung Semeru. Mohon masyarakat terdekat dapat mengevakuasi agar aman selamat. Saat ini BPBD Provinsi sudah bergerak, BPBD Kabupaten Lumajang sudah merapat. Bupati Lumajang juga bergerak ke lokasi. Insya Allah malam ini saya ke lokasi. Mohon ihtiar dan do'a mugi selamet sedoyo," tulis Khofifah, Sabtu (4/12/2021).

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Amplitudo Getaran Banjir Tercatat 20 Milimeter

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 16.00 WIB dilaporkan mengalami erupsi. Semburan awan panas dari gunung tertinggi di pulau Jawa itu membuat warga di Desa Supiturang, Desa Curah Kobokan Kecamatan Pronojiwo dan Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro berlarian menyelamatkan diri.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim menyebutkan, sekitar pukul 15.00 WIB terjadi penigkatan aktivitas Gunung Semeru berupa awan panas.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, 1 Hari Sebelumnya Masih Berstatus Waspada

Saat ini, gunung tersebut berstatus level 2 atau waspada. "Kami mengimbau warga menjahui daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru," kata Kalaksa BPBD Jatim, Budi Santosa.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)