Gunung Semeru Meletus, 1 Hari Sebelumnya Masih Berstatus Waspada

Sabtu, 04 Desember 2021 - 18:47 WIB
loading...
Gunung Semeru Meletus, 1 Hari Sebelumnya Masih Berstatus Waspada
Gunung Semeru melestus, Sabtu (4/12/2021) sore. Sehari sebelumnya masih berstatus waspada. Foto/Ist.
A A A
BANDUNG - Gunung Semeru meletus, Sabtu (4/12/2021) sore sekitar pukul 15.00 WIB. guyuran material vulkaniknya, membuat semburat warga. Sehari sebelum meletus, gunung tertinggi di Pulau Jawa itu masih berstatus level II atau waspada.



Akun Instagram resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) @pvmbg_ tersebut diterangkan, berdasarkan perkembangan data hingga 3 Desember 2021, Gunung Semeru merupakan satu dari 17 gunung berapi di Indonesia dengan aktivitas di atas normal dan berstatus level II.



PVMBG sendiri tidak memasukan Gunung Semeru, ke dalam tiga gunung berapi dengan aktivitas di atas normal yang sudah berstatus lebih tinggi atau Level III (SIAGA).



Apapun ketiga gunung berapi berstatus Level III tersebut, yakni Gunung Ili Lewotolok di Nusa Tenggara Timur, Merapi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, serta Sinabung di Sumatera Utara.

"Haii kawan mitigasi, per hari ini, ada 3 gunung api yang tingkat aktivitas/statusnya di Level III (SIAGA) dan 17 gunung api di tingkat aktivitas atau Level II (WASPADA). Kawan Mitigasi tinggal di deket gunung api mana? Kalau Mican tinggal di deket G. Tangkuban Parahu," tulis akun tersebut.



Dikutip dari dokumen Pengenalan Gunung Api yang diunggah di laman Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), ada empat tingkatan status gunung api di Indonesia. Berikut adalah keempat status tingkatan tersebut sebagaimana
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2785 seconds (0.1#10.140)