Semeru Meletus, 2 Kecamatan di Lumajang Gelap Gulita Tertutup Awan Hitam

Sabtu, 04 Desember 2021 - 16:35 WIB
loading...
Semeru Meletus, 2 Kecamatan di Lumajang Gelap Gulita Tertutup Awan Hitam
Gunung Semeru meletus dengan mengeluarkan gulungan awan panas yang membuat warga panik dan suasana mencekam. Masyarakat berlarian ke jalan menjauh dari arah gunung setinggi 3.676 meter. Foto/Tangkapan Layar
A A A
LUMAJANG - Gunung Semeru meletus dengan mengeluarkan gulungan awan panas yang membuat warga panik dan suasana mencekam. Masyarakat berlarian ke jalan menjauh dari arah gunung setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyebut, di Lumajang sejak Sabtu siang (4/12/2021) terjadi hujan deras. "Yang kita pastikan ada dua kecamatan, yakni Pronojiwo dan Candipuro keadaannya sudah gelap. Kita sedang pantau terus di lapangan," katanya kepada wartawan.

Dia menjelaskan, sejak Kamis malam (3/12/2021) sekitar jam 00.00 hingga 01.00 Gunung Semeru mengalami beberapa kali letusan lava pijar.

"Tetapi tadi pagi masih aman-aman saja. Tapi siang ini betul-betul keadaan di dua kecamatan sampai gelap usai diguyur hujang. Sekarang awan gelap masih terjadi," ujarnya.

Dalam rekaman video amatir yang beredar. Warga berusaha menyelamatkan diri dan mengungsi dari rumah mereka.

"Warga Desa Sumberwulung mengungsi, terjadi erupsi Gunung Semeru. Semua orang khawatir. Semua orang ketakutan mengungsi," ujar seorang pria dalam video.

"Ya Allah, Allah Akbar. Ya Allah," teriak salah seorang warga yang ketakutan sambil berlari menghindari awan panas.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3146 seconds (0.1#10.140)