Lahan Persawahan di Bojonegoro Diterjang Banjir, Gagal Panen di Depan Mata

Rabu, 01 Desember 2021 - 10:38 WIB
loading...
Lahan Persawahan di Bojonegoro Diterjang Banjir, Gagal Panen di Depan Mata
Lahan padi di Desa Ngunut, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, rusak diterjang banjir bandang. Foto/iNews TV/Dedi Mahdi
A A A
BOJONEGORO - Petani di Desa Ngunut, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, terancam gigit jari pada panen musim ini, karena area sawah yang ditanami padi hancur diterjang banjir. Kerugian jutaan rupiah sudah ada di depan mata para petani tersebut.



Tanaman padi yang rata-rata baru bersuia dua minggu, luluh lantak diterjang banjir, Selasa (30/11/2021). Banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah Bojonegoro selatan, air sungai meluber ke lahan pertanian setelah sungai tak kuat menampung peningkatan debit air.



Akibat diterjang banjir ini, para petani hanya bisa pasrah karena ancaman kerugian dari usaha taninya sudah ada di depan mata. "Kami berharap pemerintah turun tangan, dan dapat membantu meringankan beban petani," ujar Dasim, salah seorang petani yang sawahnya rusak.



Sementara itu, Kepala Desa Ngunut, Suwarno menuturkan, sedikitnya ada empat hektare area sawah milik warganya yang ditanamani padi rusak berat akibat diterjang banjir. "Saat ini pemerintah desa sudah melakukan pendataan, dan akan melaporkan hal ini ke dinas terkait," ujarnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)