Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Ingatkan Pentingnya Medical Check Up

Sabtu, 27 November 2021 - 23:12 WIB
loading...
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Ingatkan Pentingnya Medical Check Up
Medical check up atau pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh sangat penting bagi kaum hawa, baik yang sudah menikah, pun yang belum menikah. Foto ist
A A A
BEKASI - Medical check up atau pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh sangat penting bagi kaum hawa, baik yang sudah menikah, pun yang belum menikah. Medical check up dilakukan untuk mengantisipasi gangguan kesehatan yang dapat berkembang menjadi penyakit yang serius dan dapat mengancam keselamatan hidup manusia.

Dalam edukasi kesehatan yang diadakan manajemen Siloam Hospitals Bekasi Sepanjang Jaya, Kamis (25/11/2021), dr Monika, SpOG, membeberkan pentingnya medical check up. Dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi ini menyarankan, khususnya bagi wanita yang belum dan akan menikah maupun yang sudah menopause agar melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

"Hal ini penting dilakukan bagi wanita yang belum atau akan menikah. Selain berguna untuk persiapan menyambut kehamilan, potensi penyakit yang sifatnya dapat menjadi kronis atau yang nantinya dapat diturunkan ke anaknya pun akan dapat diketahui," ungkap dr Monika.

Pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh yang umum dapat dilakukan oleh wanita, yaitu pemeriksaan hepatitis yang dikenal dengan HBsAg. Pemeriksaan ini dapat mendeteksi apakah ada infeksi hepatitis B akut atau kronis. "Kemudian pemeriksaan fungsi hati dan ginjal, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan tiroid, dan TORCHyang sangat baik dilakukan sebelum mendapatkan kehamilan maupun saat hamil," ulas dokter yang berpraktek tetap di Siloam Hospitals Bekasi Sepanjang Jaya ini.

"Termasuk mengenali kembali metode SADARI, yaitu periksa payudara sendiri, USG perut, dan pemeriksaan lain seperti mammografi bagi wanita diatas 40 tahun atau yang mempunyai faktor risiko tinggi seperti riwayat keluarga dengan kanker payudara atau ovarium," imbuh Monika.

Adapun pemeriksaan pada medical check up bagi wanita yang sudah menikah hampir sama dengan pemeriksaan pada wanita yang belum menikah. Hanya, tambah Monica, pemeriksaan dapat dilengkapi dengan papsmear dan pemeriksaan penyakit infeksi menular seksual.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2613 seconds (0.1#10.140)