Pantau Pilkades di Taput, Kapolda Sumut Bersyukur Berjalan Lancar

Rabu, 24 November 2021 - 11:09 WIB
loading...
Pantau Pilkades di Taput, Kapolda Sumut Bersyukur Berjalan Lancar
Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak turun langsung memantau pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Tapanuli Utara, Selasa (23/11/2021). Pilkades berjalan aman dan lancar. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
TAPANULI UTARA - Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades ) serentak di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), Selasa (23/11/2021) berjalan lancar. Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak turun langsung memantau pelaksanaan Pilkades.

Orang nomor satu di Polda Sumut itu itu mengunjungi sejumlah tempat pemungutan suara (TPS). Jenderal bintang dua itu meminta pendukung para calon kepala desa agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban. "Karena saya yakin kalian semua masih ada hubungan kekerabatan," kata Panca di TPS IV, Desa Pansurnapitu, Kecamatan Siatas Barita.

Panca menekankan Pilkades ini perlu disukseskan seluruh masyarakat, supaya terpilih kades yang mampu mewakili seluruh masyarakat. “Siapapun pemenangnya tidak perlu bereuforia yang berlebihan," ujarnya.

Dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, Panca juga minta pendukung dan kades terpilih tidak menggelar kumpulu-kumpul yang bisa menimbulkan kerumunan tak terkendali.

Kapolda juga memastikan Pilkades tetap mematuki protokol kesehatan. "Tadi saya juga sudah cek soal penerapan protokol kesehatan, semuanya dilaksanakan. Meski Covid-19 sudah agak menurun, tidak perlu euforia," pintanya.

Untuk menyukseskan Pilkades ini, Polda Sumut menambah jumlah personel keamanan. Dari sebelumnya 344 orang menjadi 944 personel. Tambahan personel ini dari Polda Sumut dan Brimob untuk pengamanan Pilkades serentak di Taput.

Panca menambahkan, untuk menjaga kondusivita empat personel kepolisian bersama TNI dan Satpol PP disiagakan di setiap desa. "Sebenarnya bukan penambahan, itu strategi polisi bersama TNI. Bagaimana masyarakat itu bebas dan siap untuk mengikuti pelaksanaan Pilkades," jelas Panca.

Tapanuli Utara merupakan satu dari tujuh kabupaten/kota yang menggelar Pilkades serentak hingga Desember mendatang. Pada 22 November 2021 lalu, Pilkades di 85 desa digelar di Kabupaten Humbahas.

Pilkades juga akan digelar di 106 desa di Kabupaten Dairi, Kamis 25 November 2021. Pada Selasa 30 November 2021, Pilkades digelar di 11 desa Kabupaten Tanah Karo.

Kemudian Selasa 7 Desember 2021, Pilkades digelar di 30 desa di Kabupaten Pakpak Bharat. Lalu Rabu 15 Desember 2021 Pilkades digelar di 41 desa di Kabupaten Toba. Terakhir Selasa, 20 Desember Pilkades dilaksanakan di 85 desa di Kabupaten Tapteng.

"Pada rangkaian kegiatan itu, Polda Sumut melaksanakan BKO personel ke jajaran polres melalui pengamanan kegiatan Ops Mandiri Kewilayahan Mantap Huta Toba-2021, di 7 kabupaten/kota. Saya sendiri meninjau langsung semua kegiatan itu," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2761 seconds (0.1#10.140)