Buktikan Pengabdian ke Masyarakat, Akmil Sosialisasikan Program Literasi Digital Desa

Sabtu, 20 November 2021 - 21:21 WIB
loading...
Buktikan Pengabdian ke Masyarakat, Akmil Sosialisasikan Program Literasi Digital Desa
Akademi Militer (Akmil) Magelang menggelar program Literasi Digital sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di Desa Karanganyar, Borobudur , Magelang, Jawa Tengah. (Ist)
A A A
MAGELANG - Akademi Militer (Akmil) Magelang menggelar program Literasi Digital sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di Desa Karanganyar, Borobudur , Magelang, Jawa Tengah.

Kepala pelaksana PKM Kolonel Chb Mohamad Nazar mengatakan, Akmil yang memiliki tugas dan fungsi mencetak prajurit tangguh juga harus memiliki kepedulian terhadap masyarakat. Salah satunya yakni dengan melakukan pengembangan desa digital untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan salah satunya adalah workshop digital marketplace yang mengambil tempat di Balkondes Karanganyar Borobudur," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/11/2021).

Sasaran dalam program tersebut, sambung dia, meliputi pembuatan infrastruktur layanan digital pada destinasi wisata Balkondes Karanganyar seperti warung hot spot yang dijadikan model mikro ekonomi desa.

"Kegiatan nyatan ini diharapkan sebagai game changer dalam terobosan peningkatan aktivitas ekonomi desa khususnya masyarakat di desa Karanganyar menjadi serba digital," ucapnya.

Kebijakan Gubernur Akmil Mayjen TNI Candra Wijaya, lanjut dia, memberikan arahan kepada civitas academica, khususnya pada Prodi Teknik Elektronika Pertahanan untuk menyelenggarakan program dengan fokus pada pemberdayaan dan menyejahterakan masyarakat desa.



Dalam kesempatan itu, kegiatan pun diikuti para taruna Akademi Militer serta mahasiswa Universitas Tidar (Untidar). Baca: Petani Rempah Pulau Obi Demo Tolak Perusahan Tambang.

Sejumlah narasumber yang dihadirkan, antara lain Ryan Manafe merupakan CEO sekaligus Founder Dagangan Indonesia. Dagangan Indonesia merupakan start-up yang berasal dari Magelang dan telah berkembang pesat. Narasumber lainnya, Dwi Kristanto N. seorang social marketist. Baca Juga: Inilah Sosok Pida, Gadis Manis Pejuang Literasi yang Pintar Mendongeng.

Atas capaian itu, kata dia, saat ini masyarakat Desa Karanganyar dapat menggunakan akses internet yang jaringannya telah disediakan di Balkondes Karanganyar.

Selain itu, masyarakat dapat menikmati lampu jalan di area Balkondes yang semula gelap, sekarang sudah menjadi terang benderang berkat program PKM Prodi Elektro Pertahanan Akmil.
(nag)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2227 seconds (11.252#12.26)