Tersambar Petir, Saung Kolam Jaring Apung Ini Terbakar Hebat

Jum'at, 19 November 2021 - 16:23 WIB
loading...
Tersambar Petir, Saung Kolam Jaring Apung Ini Terbakar Hebat
Sebuah saung kolam jaring apung pembudidayaan ikan di perairan Waduk Saguling, yang berloksi di Desa Bongas, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB), habis terbakar. SINDOnews/Adi
A A A
BANDUNG BARAT - Sebuah saung kolam jaring apung pembudidayaan ikan di perairan Waduk Saguling, yang berloksi di Desa Bongas, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB), habis terbakar .

Kejadian tersebut terjadi pada Kamis (18/11/2021) sore sekitar pukul 16.00 WIB. Penyebab terbakarnya saung terbuat dari anyaman bilik bambu tersebut akibat tersambar petir , karena pada saat kejadian sedang turun hujan deras.

Akibat tersambar petir muncul percikan api yang langsung dengan cepat membakar bangunan berukuran sekitar 4 x 5 meter tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, karena kondisi saung sedang kosong ditinggal pemiliknya.

Detik-detik terbakarnya saung apung tersebut sempat terekam video warga yang kebetulan sedang berada di lokasi. Tampak api yang asalnya kecil kemudian membesar. Di sekeliling kolam tampak sejumlah petambak ikan yang datang menggunakan perahu untuk membantu memadamkan api dengan alat seadanya.

Kejadian itupun sempat membuat para pemilik kolam panik karena kobaran api sangat besar. Mereka kemudian berupaya memadamkan api dengan menggunakan ember dengan memanfaatkan air waduk. Namun api terus membesar hingga menghabiskan saung apung tersebut.

"Betul kejadiannya kemarin di Waduk Saguling, Dermaga Ugrem, Desa Bongas, Kecamatan Cililin. Penyebabnya karena tersambar petir saat hujan," kata Kasi Kesehatan Ikan dan Lingkungan, Dinas Perikanan dan Peternakan, KBB, Iip Kusyaman, saat dikonfirmasi, Jumat (19/11/2021). Baca: Sadis! Belum Bayar SPP 9 Siswa SMK Penerbangan di Batam Disiksa, Orang Tua Lapor Polda Kepri.

Dia mengatakan, di saung itu terdapat peralatan elektronik seperti radio yang ikut terbakar. Selain itu yang juga ikut terbakar adalah stok pakan ikan yang akan dipergunakan untuk memberi makan ikan sehari-hari. Sementara kolam pembudidayaan ikan tidak sampai ikut terbakar.

"Yang ikut terbakar seperti pakan dan peralatan elektronik, tidak ada korban jiwa dan hanya kerugian materi saja sekitar jutaan rupiah," pungkasnya. Baca Juga: Pesan Suara yang Dikirim Pria Hilang Misterius di Cadas Pangeran Ternyata Bohong.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)